Implementasi Inovasi Pelayanan Publik Melalui Perpustakaan Digital (iKaltim) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Nur Habibah)

September 12, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Sep 12, 2024 @ 11:41 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Inovasi Pelayanan Publik Melalui Perpustakaan Digital (iKaltim) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nur Habibah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi Pelayanan,Perpustakaan Digital, iKaltim
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini yang dilakukan oleh penulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi inovasi pelayanan publik melalui perpustakaan digital (iKaltim) di DPK Kaltim dan mengetahui faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berfokus untuk mendeskripsikan layanan iKaltim. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Kemudian dianalisis dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi layanan iKaltim di DPK Kaltim telah dilaksanakan dengan baik tetapi belum maksimal. Di mana masih ada beberapa faktor penghambat pada pelaksanaannya. Kesimpulan dari penelitian ini yakni implementasi layanan melalui iKaltim di DPK Kaltim telah dilaksanakan dengan baik tetapi belum maksimal. Hal ini disebabkan masih ada beberapa faktor penghambat pada pelaksanaannya yaitu masih kurangnya sosialisasi terutama secara langsung kepada masyarakat, belum ada kepastian waktu tentang berapa lama proses publikasi buku/karya, prosedur untuk meminjam ebook sama seperti di perpustakaan fisik, layanan iKaltim belum tersedia untuk pengguna iOS, gangguan server dan jaringan atau koneksi internet, dan DPK Kaltim hanya sebagai pengelola administrasi dan teknis di tingkat daerah, tidak sepenuhnya mengelola iKaltim.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Daryono, S.Sos., M.Si., Ph.D.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12/09/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email