Implementasi Program Layanan Darurat Call Center 112 Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara (Lidea Adelina)

August 5, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Aug 5, 2024 @ 1:57 PM
IP: 180.247.247.254

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Layanan Darurat Call Center 112 Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lidea Adelina
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Layanan Darurat, Call Center 112, Kesesuaian Program
  • 4. Description [Abstrak] : Pelayanan pemerintah yang biasanya kaku dan rumit namun kini dengan perkembangan information and communication tecnology (ICT) dapat menyesuaikan pelayanan kepada masyarakat melalui E-Government, salah satu inovasi yang sangat menarik adalah layanan darurat Call Center 112. Tujuan dari penelitian dibahas ialah guna menganalisis implementasi Program Layanan Darurat Call Center 112 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat keberhasilan implementasinya. Melalui mengaplikasikan teori model implementasi program dari Korten, skripsi ini berfokus pada kesesuaian program dengan kelompok pemanfaat, kesesuaian antara program dengan organisasi pelaksana, kesesuaian kelompok pemanfaat dengan organisasi pelaksana, dan faktor penghambat dalam implementasi program layanan darurat call center 112 di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data dengan diaplikasikan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diaplikasikan ialah analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Layanan Darurat Call Center 112 di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara sudah cukup baik, namun belum optimal karena adanya beberapa kendala. Di antaranya adalah perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia, kesenjangan kewenangan masing-masing organisasi perangkat daerah dalam kaitannya dengan koordinasi, sistem pola kerja yang harus diubah, kurangnya sosialisasi yang menyeluruh kepada seluruh masyarakat, banyaknya telepon palsu atau prank call, dan keterlambatan dalam merespon laporan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 05/08/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading