PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA BATU KAJANG KECAMATAN BATU SOPANG KABUPATEN PASER TAHUN 2021 (Muhammad Saidi)

August 2, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 2, 2024 @ 6:11 PM
IP: 182.3.141.48

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA BATU KAJANG KECAMATAN BATU SOPANG KABUPATEN PASER TAHUN 2021
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Saidi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Covid-19, BLT Dana Desa, masyarakat, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikom
  • 4. Description [Abstrak] : Sebagai salah satu desa yang menerima anggaran Dana Desa oleh Pemerintah Pusat, Desa Batu Kajang juga melaksanakan Program BLT Dana Desa mulai dari awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pada tahun 2021, Desa Batu Kajang Telah Menyalurkan BLT Dana Desa kepada 135 KPM sesuai 40% dari dana desa selama 12 bulan dimana setiap bulan masing-masing KPM akan menerima BLT Dana Desa sebesar Rp.300.000. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program BLT sejak tahun 2020 yang bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Batu Kajang mengenai program Bantuan Langsung Tunai yang berlangsung selama tahun 2021 di Batu Kajang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dari aspek kognitif, pengetahuan masyarakat mengenai BLT Dana Desa terbilang masih kurang. Kemudian dari aspek afektif, diketahui bahwa masyarakat merasa senang dan terbantu dengan adanya program BLT Dana Desa. Sedangkan dari aspek konatif atau psikomotor, masyarakat mendukung program BLT Dana Desa untuk dilanjutkan. Dari hasil penelitian, penulis merekomendasikan kepada penyelenggara program terkait untuk memberikan sosialisasi lebih masif mengenai BLT Dana Desa kepada masyarakat agar informasi yang diterima masyarakat jelas dan merata.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Lisbet Situmorang
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading