PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGRI 008 SAMARINDA SEBRANG (Intan Kumalasari)
July 24, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Kumalasari, Intan
On: Jul 24, 2024 @ 8:07 PM
IP: 125.160.68.152
- 1. Title [Judul]: PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGRI 008 SAMARINDA SEBRANG
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Intan Kumalasari
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci : Persepsi orang tua terhadap pembelajran online sekolah dasar 008 Sa
- 4. Description [Abstrak] : Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi
COVID-19 Di Sekolah Dasar Negri 008 Samarinda Sebrang. Program Studi
Pembangunan Sosial.Orang tua memiliki persepsi terhadap pembelajaran
DARING serta sangat berperan pada pendidikan anak dan pembelajaran
maksimal di masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui persepsi orang tua serta mengetahui berbagai faktor yang menjadi
pendukung maupun penghambat pelaksanaan pembelajaran online di masa
pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Seberang.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan. Metode pengumpulan data observasi,
wawancara, dan dokumentasi dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini
ialah orang tua telah memiliki persepsi tentang pembelajaran DARING berupa
tanggapan pengetahuan dan penilaian. Dalam penelitian ini, informan
sebanyak 13 yang berupa 10 orang tua murid dan 3 Guru sekolah di SDN008
Samarinda Seberang, untuk tujuan kerahasiaan informan diberi inisial. Hasil
dari penelitian ini terdapat kendala yang dialami oleh murid, guru, dan orang
tua dalam pembelajaran DARING yaitu keterbatasan penguasaan teknologi,
jaringan internet yang tidak stabil, variasi materi bahan ajar yang masih sangat
minim, serta jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran DARING para orang tua berpendapat ialah
proses kemandirian dalam belajar dilakukan secara sendiri dengan dampingan
dilaksanakan secara tanpa bertatap muka dengan guru atau teman-teman
sekolah dengan menggunakan handphone. Dengan persepsi positif banyaknya
waktu kebersamaan dengan anak serta melihat perkembangan anak dengan
persepsi negatif tersitanya banyak waktu, kurangnya pendidikan orang tua,
penuntutan akan mengerti teknologi, sifat kurang bertanggung jawab anak serta
pengeluaran kas rumah tangga bertambah serta persepsi tugas sebagai pemberi
bantuan anak. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2025
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1802
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal article