Peran Komunikasi Kelompok dalam Memberi Dukungan Sosial Pada Pasien Rumah Singgah Kanker (Syalma Namira)

July 8, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 8, 2024 @ 12:18 PM
IP: 202.58.199.222

  • 1. Title [Judul]: Peran Komunikasi Kelompok dalam Memberi Dukungan Sosial Pada Pasien Rumah Singgah Kanker
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Syalma Namira
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi, Kelompok, Dukungan Sosial, Rumah Singgah Kanker Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Manusia membutuhkan peran antar manusia dalam mencapai suatu tujuan. Peran manusia bagi manusia lain bersifat penting salah satunya memberikan dukungan sosial dalam kehidupan berinteraksi. Utamanya pada manusia yang sedang berada dalam kondisi tidak sehat. Dukungan sosial diperlukan sebagai salah satu penguat kesehatan dalam aspek mental.
    Pada komunikasi kelompok, individu yang tergabung dapat melihat, mendengar, memahami, serta menerima umpan balik baik secara verbal maupun non verbal dari setiap anggota kelompok Salah satu bentuk kelompok yang eksis di Masyarakat adalah komunitas. Ada berbagai macam jenis komunitas yang terbentuk di Masyarakat salah satunya Komunitas Support Kanker yang merupakan kelompok yang memiliki nilai dalam men
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran Komunikasi Kelompok dalam Memberi Dukungan Sosial pada Pasien Rumah Singgah Kanker Samarinda, yakni sebuah studi pada Komunitas Support Kanker di Samarinda. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu Komunitas Support Kanker Samarinda memainkan peran yang signifikan dalam memberikan dukungan sosial kepada pasien yang tinggal di Rumah Singgah Kanker Samarinda.
    Melalui penerapan Teori Sistem Internal dan Eksternal, kegiatan, interaksi, dan perasaan menjadi bagian integral dari dinamika komunikasi dalam komunitas ini. Komunikasi kelompok yang terjalin di Komunitas Support Kanker Samarinda memungkinkan para anggotanya untuk saling berbagi pengalaman, tips, dan dukungan, menciptakan lingkungan yang hangat dan mendukung.
    Peran komunikasi dalam komunitas ini menjadi sangat penting dalam menyediakan dukungan sosial kepada pasien. Komunikasi yang efektif memungkinkan para anggota untuk merasa didengar, dipahami, dan didukung dalam perjalanan mereka melawan kanker. Dukungan sosial yang diberikan oleh Komunitas Support Kanker Samarinda berperan penting dalam memberikan dukungan sosial bagi kualitas hidup pasien Rumah Singgah Kanker Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Kadek Dwiyani D, M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 3 Juni 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email