Pemberdayaan Masyarakat Melalui Metode Life Skill di Kampung Dilang Puti Kabupaten Kutai Barat (Aprianti Melisa Diler)

February 1, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Diler, Aprianti Melisa
On: Feb 1, 2024 @ 2:10 PM
IP: 182.2.103.66

  • 1. Title [Judul]: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Metode Life Skill di Kampung Dilang Puti Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aprianti Melisa Diler
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pemberdayaan, life skill
  • 4. Description [Abstrak] : APRIANTI MELISA DILER, NIM 2002026107. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI METODE LIFE SKILL DI KAMPUNG DILANG PUTI KECAMATAN BENTIAN BESAR, dibawah bimbingan Bapak Andi Ismail Lukman S.Pd., MA. Adapun yang menjadi tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses peningkatan pemberdayaan masyarakat sebagai nilai ekonomi baru bagi masyarakat Di Kampung Dilang Puti Kecamatan Bentian Besar dan mengetahui pentingnya menjaga eksistensi warisan budaya salah satunya Topi Seraung.
    Penelitian Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengarahkan penelitian kepada penggunaan teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman serta penentuan informan dengan menggunakan purposivesampling.
    Hasil Penelitian Pemberdayaan Masyarakat Melalui Metode Life Skill menunjukkan bahwa (1) Pemberdayaan Masyarakat melalui metode Life Skill pada Tahap Penyadaran menunjukkan sudah sesuai dengan panduan yaitu masyarakat diberikan pemahaman melalui pelaksanaan sosialisasi, media sosialisasi dan pembentukan kelompok (2) Pemberdayaan Masyarakat melalui metode Life Skill pada Tahap Pengkapasitasan menunjukkan sudah sesuai dengan panduan yaitu masyarakat setelah diberikan pemahaman dan kesadaran maka selanjutnya diberikan transfer pengetahuan melalui edukasi dengan tontonan seperti youtube, file powerpoint atau melalui perkumpulan masyarakat (3) Pemberdayaan Masyarakat melalui Metode Life Skill Pada Tahap Pemberian Daya hasil program ini meningkatkan kesejahteraan masyarakkat,keterjangkauan akses modal, meningkatnya pengetahuan, kemampuan dalam berorganisasi, dan pendapatan terlihat dari meningkatnya jumlah konsumen.Dampak yang dirasakan oleh masyarakat kampung Dilang Puti yaitu meningkatnya perekonomian masyarakat melalui program Topi Seraung ini dan terlestarinya warisan budaya asli kalimantan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Andi Ismail Lukman S.Pd., MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email