Evaluasi Kebijakan Pengembangan Kecamatan Layak Anak (KLA) dalam Klaster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. (Amanda Ersa Isti Prakusya)

November 8, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Nov 8, 2023 @ 12:34 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Evaluasi Kebijakan Pengembangan Kecamatan Layak Anak (KLA) dalam Klaster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Amanda Ersa Isti Prakusya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi Kebijakan, Kecamatan Layak Anak, Klaster Lingkungan dan Pengasuhan Alte
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses dan hasil evaluasi dari kebijakan pengembangan Kecamatan Layak Anak (KLA) yang dilakukan dalam klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu evaluasi kecocokan serta faktor penghambat. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan ialah staf Kesra dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan, Staf Kesra dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan, Ketua Forum Anak, informan lainnya ialah masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, melakukan wawancara, dan pengambilan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitin menunjukkan evaluasi kebijakan pengembangan (KLA) dari segi kecocokan belum berjalan dengan baik melihat masih terdapat beberapa hambatan pada pelaksanaan kegiatan KLA, seperti kordinasi yang dilaksanakan antara para pelaksana kepada masyarakat yang belum maksimal dalam mendukung penuh pelaksanaan KLA tersebut. Namun melihat dari kebutuhan anak-anak, dan masyarakat Kecamatan Samarinda Ulu dengan adanya Kecamatan Layak Anak ini membantu dalam memberikan fasilitas mulai dari pembelajaran secara non akademik, mengadakan perlombaan, melakukan sharing season melalui forum anak, dan membantu dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan pada anak. Melihat upaya pelaksana KLA terhadap klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif khususnya dalam menangani kasus anak yang terjadi pada indikator bimbingan dan tanggung jawab orang tua, anak yang terpisahkan dari orang tua, dukungan kesejahteraan bagi anak, pengangakatan anak, kekerasan dan penelantaran sudah cukup baik merespon dan menindaklanjuti kasus anak yang terjadi di Kecamatan Samarinda Ulu.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08/11/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email