Peran Receptionist Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Tamu Di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda (Belianto)

October 10, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 10, 2023 @ 11:35 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Peran Receptionist Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Tamu Di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Belianto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Receptionist, Pelayanan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan receptionist dalam meningkatkan pelayan pada tamu di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi receptionist dalam meningkatkan pelayanan pada tamu di Front Office Departement Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah receptionist dalam meningkatkan pelayanan pada tamu di Front Office Departement Swiss-belhotel Borneo Samarinda telah melakukan upaya dalam meningkatkan pelayanan yang sesuai dengan standart pelayanan yang ada di hotel Swiss-belhotel Borneo Samarinda seperti, Melakukan Greeting, Memberikan informasi yang di butuhkan tamu, Menjual Kamar, Menangani Tamu Check-in , Menangani Tamu Check-Out, Menangani Complain, Menangani telepon masuk. Receptionist memiliki peranyang sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada tamu, karena bagian inilah yang menjadi ujung tombak hotel dalam memberikan kesan pertama kali kepada tamu saat sedang menginap di sebuah hotel. Receptionist sendiri jugatentunya akan selalu menjadi tempat tujuan pertama yang akan dituju oleh tamu jika mereka hendak mencari tahu akan adanya sebuah informasi. Untuk bisa lebih meningkatkan pelayanan sebaiknya hotel Swiss-bell Borneo Samarinda lebih memperhatikan sarana dan prasarana, kualitas pelayanan yang standart, dan melakukan review terhadap pelayanan yang berjalan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Tuti Wediawati, S. Sos., M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Juni 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Document

Loading