Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda (Muhammad Rahul)
September 13, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Publik, Administrasi
On: Sep 13, 2023 @ 6:02 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Rahul
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Puskesmas
- 4. Description [Abstrak] : Kualitas pelayanan sangat erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan memungkinkan pelanggan untuk membangun hubungan yang kuat dengan institusi/perusahaan dalam jangka Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada masyarakat pengguna layanan di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yang terdiri dari exceed expectation (memenuhi harapan), recovery (pemulihan), improve (perbaikan), dan care (perhatian), serta faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Sebagian besar sudah berjalan dengan cukup baik, pihak Puskesmas Sidomulyo sudah berupaya memahami keinginan pasien, melakukan pemulihan, melakukan perbaikan dan memberikan perhatian kepada setiap pasien, namun berkaitan dengan upaya yang dilakukan Puskesmas Sidomulyo juga harus tetap meningkatkan berbagai upaya agar sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Sulitnya berkoordinasi dengan dinas terkait dan kurangnya partisipasi Masyarakat pada kegiatan Puskesmas Sidomulyo merupakan salah satu yang menjadi faktor penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sidomulyo akan tetapi sumber daya manusia di Puskesmas Sidomulyo yang jumlahnya banyak dan berpendidikan merupakan salah satu hal yang menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Ilir Kota Samarinda.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13/09/2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4746
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article