PENGARUH KERUSAKAN SARANA WISATA TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG DAN PEMASUKAN TEMPAT WISATA PULAU KUMALA, KOTA TENGGARONG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Muhammad Fikri Apriansyah)
September 7, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Sep 7, 2023 @ 9:22 PM
IP: 36.85.36.40
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KERUSAKAN SARANA WISATA TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG DAN PEMASUKAN TEMPAT WISATA PULAU KUMALA, KOTA TENGGARONG, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Fikri Apriansyah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Tempat Wisata Pulau Kumala, Kerusakan Sarana Wisata, Jumlah Pengunjung, Pemasuk
- 4. Description [Abstrak] : Pulau Kumala merupakan salah satu tempat wisata di kota Tenggarong yang
didesain sedemikian rupa menjadi taman wisata rekreasi dengan perpaduan arsitektur
berteknologi modern dan budaya tradisional khas Kutai Kartanegara. Di tempat ini
wisatawan dapat menikmati panorama sekitar pulau dan sarana yang disediakan. Sarana
yang disediakan meliputi sky tower, cable car, go-cart, komedi putar, bumper car, jet
coster, rumah lamin, gong perdamaian, taman burung, dan sarana lainnya. Pada tahun
2010-2015 tempat wisata ini ditutup karena sarana yang ada seperti: sky tower, cable car,
go-cart, bumper car, jet coster, dan sarana yang lain banyak mengalami kerusakan hingga
menjadi terbengkalai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kerusakan sarana wisata
tersebut terhadap jumlah pengunjung dan pemasukan dari objek wisata Pulau Kumala, (2)
Kerjasama yang pernah dijalin oleh pengelola Pulau Kumala dan hasil serta
keberlanjutannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kerusakan sejumlah sarana
wisata di Pulau Kumala telah menyebabkan: (1) berubahnya jumlah pengunjung selama
tahun 2016 hingga tahun 2020, yang pada awalanya berjumlah 377.597 pengunjung pada
tahun 2016, menjadi hanya 37.861 pengunjung pada tahun 2020, dari perubahan jumlah
pengunjung di atas rata-rata geomatric mean yang terjadi dari tahun 2016 hingga tahun
2020 berubah 39%, (2) berubahnya jumlah pengunjung tersebut telah mengakibatkan
menurunnya pemasukan dari tahun 2017 hingga tahun 2020, yang pada awalnya
Rp.2.534.122.000,00 pada tahun 2017, menjadi Rp.283.777.000,00 pada tahun 2020, dari
penurunan jumlah pemasukan di atas rata-rata geomatric mean yang terjadi dari tahun
2017 hingga 2020 menurun 46%, (3) Pulau Kumala pernah menjalin kerjasama dengan
pihak ke tiga diantaranya PT. Taman Impian Jaya Ancol dan PT. El Jhon Tirta Emas
Wisata. Selama kerjasama ini ternyata Pengelolaan Pulau Kumala belum berjalan secara
baik, sehingga akhirnya kerjasama ini harus diakhiri dan kembali dikelola oleh
Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan pada bab IV maka penulis mengajukan saran sebagai berikut: Melakukan
perbaikan terhadap sarana wisata yang rusak dengan meng-optimalisasikan dana yang
sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah pada Wisata Pulau Kumala secara proporsional
dan memfokuskan pada sarana wisata utama seperti sky-tower, kereta gantung, dan gokart. Dengan adanya pengoptimalisasian dana yang proporsional pada sarana wisata
tersebut, maka perbaikan secara perlahan bisa diperbaiki lebih baik dari pada hanya
mengutamakan pada satu sarana wisata saja (Taman Burung). - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr.H Harihanto,M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1719
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?page_id=15