Kualitas Pelayanan Pengurusan Pajak Bumi dan Bangunan Melalui Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak Di Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda (Nurul Fitri Ramadhani)
August 24, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Publik, Administrasi
On: Aug 24, 2023 @ 11:04 AM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Pengurusan Pajak Bumi dan Bangunan Melalui Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak Di Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nurul Fitri Ramadhani
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, PBB, SISMIOP
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda serta mendeskripsikan faktor penghambatnya. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda yang dapat dinilai melalui dimensi kualitas pelayanan publik serta faktor penghambat dalam kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang disempurnakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menjelaskan jika kualitas pelayanan pengurusan PBB melalui SISMIOP di Bapenda Kota Samarinda secara umum sudah baik berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan, seperti dimensi bukti fisik yaitu pelayanan yang diberikan memberikan kemudahan karena telah tertera persyaratan dan formulir pendaftaran PBB. Selanjutnya dimensi kehandalan yaitu Bapenda Kota Samarinda telah mempunyai standar pelayanan yang jelas. Dimensi ketanggapan yaitu kehati-hatian dalam pelayanan yang diberikan. Kemudian dimensi jaminan yaitu terdapat SPPTD yang bersifat legal tertanda kepala Bapenda Kota Samarinda serta ditandai dengan stempel maupun maklumat pelayanan, dan dimensi empati dimana melakukan pelayanan dengan sikap ramah terhadap wajib pajak, menghargai wajib pajak, serta tidak diskriminatif terhadap wajib pajak. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya sumber daya manusia sehingga pelayanan yang dilakukan menjadi kurang maksimal, adanya gangguan server pada SISMIOP, fitur ataupun menu yang terbatas pada SISMIOP, kemudian adanya wajib pajak yang belum memahami cara menentukan titik koordinat objek pajak serta kurangnya data wajib pajak dalam melengkapi berkas persyaratan pengurusan PBB.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24/08/2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4712
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article