Peranan ICare Kaltim dalam Pemberdayaan Anak Yatim Piatu Melalui Pelatihan Hard Skill di Kota Samarinda (Saffa Faradifa)

July 28, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 28, 2023 @ 12:30 PM
IP: 36.85.34.90

  • 1. Title [Judul]: Peranan ICare Kaltim dalam Pemberdayaan Anak Yatim Piatu Melalui Pelatihan Hard Skill di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Saffa Faradifa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: ICare Kaltim, Pemberdayaan, Anak Yatim Piatu
  • 4. Description [Abstrak] : ICare Kaltim merupakan lembaga sosial berbasis kemanusiaan yang berdiri pada tanggal 17 September 2018 yang berpusat di Kota Samarinda. ICare Kaltim membentuk 5 pilar program utama yaitu peduli bencana, sosial kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan komunitas (community development) yang disalurkan melalui 10 cabang di daerah dan mitra kerja di semua Provinsi. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa ICare Kaltim mengadakan pelatihan hard skill yaitu pelatihan makeup artist dan pangkas rambut secara gratis bagi anak yatim piatu. Tujuan dari program ini menjadikan anak yatim piatu yang produktif dan mandiri belum sepenuhnya tercapai karena masih ada beberapa peserta pelatihan yang hanya memiliki hard skill saja namun belum mandiri. Disamping itu, terdapat 3 peranan ICare Kaltim dalam pemberdayaan anak yatim piatu melalui pelatihan hard skill yaitu, sebagai fasilitator, motivator dan yang terakhir sebagai penghubung dengan tutor atau pengajar profesional. Selain itu juga terdapat beberapa faktor pendukung yaitu tersedianya prasarana dan sarana yang mendukung kegiatan pelatihan, adanya rasa antusias anak yatim piatu yang mengikuti pelatihan, dan adanya tutor atau pengajar profesional yang berperan dalam kegiatan pelatihan. Adapun beberapa faktor penghambatnya yaitu adanya pandemi Covid-19, ketersediaan dana yang tidak menentu dan yang terakhir sulitnya menjaga fokus peserta ketika mengikuti pelatihan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email