Peranan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Guntung Kota Bontang (Salma Safitri)

July 27, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 27, 2023 @ 12:04 PM
IP: 125.160.113.125

  • 1. Title [Judul]: Peranan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Guntung Kota Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Salma Safitri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: peranan csr, tanggung jawab sosial, perusahaan, kesejahteraan, masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang wajib dilaksanakan karena telah di atur oleh undang-undang, tetapi hingga dengan saat ini masih banyak beberapa perusahan yang tidak menjalankan peran CSR sebagaimana mestinya. Maka dari itu CSR sangat berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat khusus nya yang berada di sekitar perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan CSR PT. KDM dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan peran CSR PT. KDM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Guntung, Kota Bontang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, dokumentasi, dan didukung dengan sumber data primer dan sekunder yang ada. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa PT KDM telah menjalankan CSR sebagaimana mestinya dengan melakukan dan melaksanakan program CSR kepada masyarakat kelurahan Guntung Kota Bontang, walaupun hasil nya tidak optimal secara keseluruhan karena terdapat program yang hasilnya tidak sesuai dengan yang direncanakan. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi peranan CSR PT KDM yaitu ketersediaan dana CSR, Pola hubungan pada pemerintah setempat, evaluasi dan monitoing yang dilakukan pada setiap program yang dilaksankan. Serta faktor penghambat yang mempengaruhi peranan CSR PT KDM yaitu kurangnya partisipasi masyarakat, kurangnya sumber daya manusia dalam mengatur program CSR dan kurangnya pemahaman masyarakat sekitar terkait CSR.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Badruddin Nasir, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CC BY SA

Loading

Print Friendly, PDF & Email