Persepsi Laki – Laki Dewasa Terhadap Foto Kanker Pada Kemasan Rokok di Wilayah Kerja PT. Sinar Terang Balikpapan Kota Samarinda (Prima Avian Tama , Johantan Alfando )

July 26, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Avian Tama, Prima
On: Jul 26, 2023 @ 1:16 PM
IP: 36.85.38.172

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Laki – Laki Dewasa Terhadap Foto Kanker Pada Kemasan Rokok di Wilayah Kerja PT. Sinar Terang Balikpapan Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Prima Avian Tama , Johantan Alfando
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, Laki-Laki Dewasa, Foto Kanker, Kemasan Rokok
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana Persepsi Laki – Laki Dewasa Terhadap Foto Kanker Pada Kemasan Rokok di Wilayah Kerja PT. Sinar Terang Balikpapan Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman dengan siklus mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi awal yang dikemukakan dari setiap laki – laki dewasa terhadap foto kanker pada kemasan rokok di wilayah kerja PT. STB ini memiliki persepsi yang hampir sama. Pada tahap stimulus, tidak begitu menghiraukan foto tersebut, karena foto tersebut seperti dibuat-buat untuk menakuti para perokok. Pada tahap registrasi, semua informan paham bahwa pesan tersebut untuk mengingatkan para perokok agar mengurangi intensitas merokok mereka. Pada tahap interpretasi, semua informan menunjukkan ketegasannya pada foto kanker pada kemasan rokok sebagai bentuk informasi dan edukasi tentang bahaya merokok. Hasil temuan persepsi informan memunculkan persepsi positif dan negatif. Saran yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan yaitu, memperbesar lagi pesan menjadi 50% atau 70% agar para perokok melihat dengan jelas pesan tersebut. Selain pencantuman pada kemasan di toko-toko atau mini market juga harus mencantumkan pesan peringatan tersebut, bahwa ini bukan hanya sekedar pesan peringatan biasa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Johantan Alfando WS, S.I.Kom, M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email