PERAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN BUDGOS SEBAGAI MEDIATOR KOMUNIKASI KONFLIK ANTARA DRIVER GORIDE DAN PT. GOJEK DI SAMARINDA (Riska Oktapia Putri)
July 20, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Oktapia Putri, Riska
On: Jul 20, 2023 @ 12:51 PM
IP: 125.160.113.71
- 1. Title [Judul]: PERAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN BUDGOS SEBAGAI MEDIATOR KOMUNIKASI KONFLIK ANTARA DRIVER GORIDE DAN PT. GOJEK DI SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Riska Oktapia Putri
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Organisasi, Peran Mediator, Mediasi Komunikasi,Konflik, Neo-Klasik
- 4. Description [Abstrak] : Riska Oktapia Putri 1602055009. Peran Organisasi Kemasyarakatan Budgos
sebagai Mediator Komunikasi Konflik antara Driver Goride da PT. Gojek di
Samarinda, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
2022.
Saat ini masyarakat modern telah menggunakan teknologi di hampir semua
aktivitas kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan adanya aplikasi
transportasi ojek online yaitu Gojek dengan salah satu layanannya GoRide.
Berkembangnya penggunaan ojek online di Samarinda saat ini juga dibarengi
dengan munculnya berbagai permasalahan yang mewarnai hubungan antara
GoRide dan PT. Gojek. Dengan banyaknya berbagai masalah yang dialami
oleh mitra, muncul organisasi yang menaungi para driver GoRide sebagai
mediator komunikasi untuk menyampaikan aspirasi mitra terhadap
permasalahan yang dialami 5 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis peran organisasi kemasyarakatan Budgos sebagai mediator
komunikasi dalam membantu menyelesaikan konflik antara driver GoRide
dengan PT. Gojek di Samarinda.
Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif Teori NeoKlasik Organisasi dimana teori ini memperhatikan pentingnya Insentif-upah
dan kondisi kerja karyawan yang dianggap sebagai faktor penting bagi
peningkatan produktifitas bekerja. Hal ini menjadi perhatian khusus oleh
Budgos sebagai mediator komunikasi GoRide dengan PT. Gojek di Samarinda
dengan melakukan mediasi kedua belah pihak menggunakan model mediasi
kompromi dan problem solving. Hasil penelitian menunjukkan dengan
berkompromi atau rapat secara mufakat dapat menyelesaikan masalah yang
terjadi dan mendapatkan akhir dengan tujuan yang sama atau win-win
solution. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rina Juwita, S.IP., MHRIR., Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4808
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article