Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Bidang Konveksi di Kota Samarinda. (Naina Auliana)
June 9, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Auliana, Naina
On: Jun 9, 2023 @ 1:06 PM
IP: 180.244.87.190
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Bidang Konveksi di Kota Samarinda.
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Naina Auliana
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja Usaha ; Orientasi Kewirausahaan ; Orientasi Pasar ; Inovasi produk
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan,
orientasi pasar, inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja usaha pada pemilik
Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang konveksi di Kota Samarinda. Jenis
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis data
menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan sampel non-probability sampling dengan metode purposive
sampling dengan menyebarkan kepada 60 responden pemilik UKM bidang
konveksi yang ada di Kota Samarinda, namun dalam penelitian ini responden
yang memenuhi kriteria berjumlah 30 responden. Adapun teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, kemudian data diolah
menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan berpengaruh
signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota
Samarinda, orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada
pemilik UKM bidang konveksi di kota Samarinda, inovasi produk berpengaruh
signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota
Samarinda, dan secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan
inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM
bidang konveksi di kota Samarinda. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk
meningkatkan kinerja usaha diperlukan kemampuan para pelaku usaha dalam
memahami orientasi kewirausahaan, orientasi pasar serta inovasi produk dengan
baik. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Zaini, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/39130
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal