Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Bidang Konveksi di Kota Samarinda. (Naina Auliana)

June 9, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Auliana, Naina
On: Jun 9, 2023 @ 1:06 PM
IP: 180.244.87.190

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Bidang Konveksi di Kota Samarinda.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Naina Auliana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja Usaha ; Orientasi Kewirausahaan ; Orientasi Pasar ; Inovasi produk
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan,
    orientasi pasar, inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja usaha pada pemilik
    Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang konveksi di Kota Samarinda. Jenis
    penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis data
    menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan
    dengan menggunakan sampel non-probability sampling dengan metode purposive
    sampling dengan menyebarkan kepada 60 responden pemilik UKM bidang
    konveksi yang ada di Kota Samarinda, namun dalam penelitian ini responden
    yang memenuhi kriteria berjumlah 30 responden. Adapun teknik pengumpulan
    data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, kemudian data diolah
    menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini
    menunjukkan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan berpengaruh
    signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota
    Samarinda, orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada
    pemilik UKM bidang konveksi di kota Samarinda, inovasi produk berpengaruh
    signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM bidang konveksi di kota
    Samarinda, dan secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan
    inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM
    bidang konveksi di kota Samarinda. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk
    meningkatkan kinerja usaha diperlukan kemampuan para pelaku usaha dalam
    memahami orientasi kewirausahaan, orientasi pasar serta inovasi produk dengan
    baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Zaini, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading