Inovasi Mal Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda (Fatwa Indah Rahayu)

January 24, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rahayu, Fatwa Indah
On: Jan 24, 2023 @ 8:57 PM
IP: 36.85.7.111

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Mal Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fatwa Indah Rahayu
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi, Mal Pelayanan Publik, Keberhasilan Inovasi
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara keseluruhan mengenai Inovasi Mal Pelayanan Publik dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Samarinda dengan memperhatikan keberhasilan inovasi berdasarkan karakteristik inovasi, menurut Rogers dalam Nurdin (2019) yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compablity (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), dan Observability (Kemudahan Diamati). Serta melakukan identifikasi faktor penghambat dan faktor pendukungnya.
    Hasil penelitian menunjukkan Keunggulan Relatif Mal Pelayanan Publik telah mengintegrasikan layanan dalam satu gedung yang sama, sehingga menghemat biaya, waktu dan tenaga serta adanya antrian online. Sedangkan keunggulan ekonomi hanya layanan dengan ketentuan retribusi daerah. Hadirnya Inovasi Mal Pelayanan Publik sudah sesuai aturan dan kebutuhan masyarakat. Tingkat kerumitannya berupa mekanisme dan prosedur kebijakan dari masing-masing instansi, internet kurang makismal, lift hanya satu, serta loket yang lambat dibuka. Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda tidak melakukan uji coba dan sosialisasi hanya di sosial media. Inovasi Mal Pelayanan Publik ini mudah untuk diamati masyarakat serta setiap loket menyediakan IKM. Instansi yang paling banyak jenis pelayanan adalah DPMPTSP. Sedangkan instansi dengan pelayanan paling sedikit adalah Baznas. Adapun fakor penghambatnya ini yaitu koordinasi antar instansi dan hambatan anggaran. Sedangkan faktor pendukungnya sarana dan prasarana memadai, SDM yang cakap, dan dukungan dari pemerintah daerah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.Si, Dr. H. Muhammad Jamal Amin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: document

83 total views, 1 views today

Print Friendly, PDF & Email