Elaborasi Model Technology Acceptance Model (TAM) dan DeLone & McLean Untuk Mengukur Faktor Penggunaan ShopeePay (Romlah Novianti)

December 26, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Novianti, Romlah
On: Dec 26, 2022 @ 10:26 PM
IP: 36.85.2.52

  • 1. Title [Judul]: Elaborasi Model Technology Acceptance Model (TAM) dan DeLone & McLean Untuk Mengukur Faktor Penggunaan ShopeePay
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Romlah Novianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: TAM, DeLone, Easy of Use, Intention to Use, User Satisfaction, Net Benefit
  • 4. Description [Abstrak] : Penggunaan dompet digital di Indonesia semakin meningkat baik dilakukan melalui belanja online maupun belanja secara langsung. Terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi penggunaan dompet digital oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang menjadi latar belakang penggunaan dompet digital yang dalam hal ini adalah dompet digital ShopeePay, dengan mengetaui pengaruh dari Easy of Use terhadap Intention to Use dan User Satisfaction serta dampaknya terhadap Net Benefit. Penelitian ini menggabungkan dua bentuk model penelitian sistem informasi yaitu Technology Acceptance Model (TAM) dan model Delone dan McLean. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode asosiatif dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dari pengguna ShopeePay. Hasil dari penelitian ini mendukung seluruh hipotesis yaitu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Easy of Use terhadap Intention to Use dan User Satisfaction, serta dampaknya terhadap Net Benefit. Tingkat hubungan tertinggi terdapat pada variabel Easy of Use terhadap variabel Intention to Use dengan nilai original sampel sebesar 0.696 atau 69%.
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Wira Bharata, S.AB., M.AB
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 November 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Journal System

Loading

Print Friendly, PDF & Email