Dampak Kebijakan Movement Control Order (MCO) Pemerintah Malaysia Terhadap Perdagangan Lintas Batas di Wilayah Perbatasan Krayan-Ba’kelalan (Natasya Aurelia)

November 25, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Aurelia, Natasya
On: Nov 25, 2022 @ 2:53 PM
IP: 36.84.156.55

  • 1. Title [Judul]: Dampak Kebijakan Movement Control Order (MCO) Pemerintah Malaysia Terhadap Perdagangan Lintas Batas di Wilayah Perbatasan Krayan-Ba’kelalan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Natasya Aurelia
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kebijakan Movement Control Order (MCO), Perdagangan Lintas Batas dan Perbatasan
  • 4. Description [Abstrak] : Kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau Movement Control Order (MCO) merupakan sebuah upaya Pemerintah Malaysia dalam mencegah paparan Covid-19. Kebijakan ini mengatur mengenai pebatasan-pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi di Malaysia maupun di wilayah perbatasan Malaysia dan Indonesia salah satunya adalah wilayah perbatasan Krayan-Ba’kelalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau Movement Control Order (MCO) terhadap perdagangan lintas batas di wilayah perbatasan Krayan-Ba’kelalan. Hal ini dilakukan mengingat masyarakat di perbatasan Krayan-Ba’kelalan sangat tergantung kepada Malaysia dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai dampak yang diakibatkan oleh Kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau Movement Control Order (MCO) Pemerintah Malaysia terhadap kehidupan masyarakat di wilayah perbatasan Krayan-Ba’kelalan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya Dampak Kebijakan Movement Control Order (MCO) pemerintah Malaysia terhadap sektor ekonomi dikarenakan perdagangan lintas batas Krayan-Ba’kelalan harus terhenti sehingga masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok dari Malaysia. Selain itu, masyarakat juga tidak dapat menjualkan hasil pertanian dan perkebunan ke Malaysia yang mempengaruhi turunnya pendapatan masyarakat Krayan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.Sonny Sudiar S.IP., MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 November 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email