Peran Partai Politik Dalam Pemenangan Pasangan Andi Harun-Rusmadi Pada Pemilihan Walikota dan Wakkil Walikota Samarinda Tahun 2020 (Rena Karena)

November 21, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 
image_pdfimage_print

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 21, 2022 @ 10:51 AM
IP: 103.141.104.201

  • 1. Title [Judul]: Peran Partai Politik Dalam Pemenangan Pasangan Andi Harun-Rusmadi Pada Pemilihan Walikota dan Wakkil Walikota Samarinda Tahun 2020
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rena Karena
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Partai Politik
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dari partai politik dalampemenangan Andi Harun-Rusmadi pada pemilihan Walikota dan Wakil WalikotaSamarinda tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang menyesuaikan pendapat dari informan dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan langsung datangi objek yang akan diteliti untuk mendapatkan data yang otentik dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
    Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah (1) peran partai politik sebagai sarana komunikasi politik dengan menggunakan metode pertemuan di setiap RT per minggunya untuk menyampaikan visi-misi pasangan calon.(2) peran partai politik sebagai sarana sosialisasi politik, menggunakan media seperti media playe, kalender, dan turun ke jalan.(3) peran partai politik sebagai sarana rekrutmen politik dengan tawaran yang diberikan pasangan calon kepada partai. (4) peran partai sebagai partisipasi politik dengan mengusungkan pasangan calon didasari oleh visi-misi, program dan komitmen politik dari pasangan calon. (5) faktor pendukung dari partai untuk pasangan calon dengan bentuk nyata seperti meyakini pasangan calon bahwa sudah didukung sepenuhnya oleh partai, kontribusi dengan perolehan suara terbanyak dan juga mencari dukungan dari pengusaha-pengusaha dan pertemuan dengan simpatisan.(6) faktor penghambat yang dirasakan atau dihadapi oleh partai pengusung pasangan calon Andi Harun-Rusmadi sendiri pandemi covid-19 yang menghambat untuk mensosialisasikan pasangan calon secara langsung.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.H. Burhanudin. M.Si & Dr. Rita Kalalinggi. M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

27 total views, 4 views today