Dampak Pembangunan Jembatan Achmad Amins terhadap Para Pemilik Jasa Kapal Penyeberangan di Desa Sungai Mariam Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara (Regal Saputra Efendi)

November 18, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 
image_pdfimage_print

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Efendi, Regal
On: Nov 18, 2022 @ 8:12 AM
IP: 110.138.72.30

  • 1. Title [Judul]: Dampak Pembangunan Jembatan Achmad Amins terhadap Para Pemilik Jasa Kapal Penyeberangan di Desa Sungai Mariam Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Regal Saputra Efendi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembangunan Jembatan, Dampak Sosial Ekonomi, Pengusaha Kapal Penyeberangan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menganalisis dampak pembangunan jembatan Achmad Amins terhadap kondisi sosial ekonomi para pengusaha kapal penyeberangan di Desa Sungai Mariam, Samarinda. Pembangunan Jembatan Achmad Amins dimulai sejak beberapa tahun sebelumnya, dan baru dinyatakan layak digunakan di tahun 2017. Desa Sungai Mariam, Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan desa yang berdekatan dengan Sungai Mahakam, di sana terdapat beberapa pelabuhan kecil untuk untuk tambatan kapal-kapal yang akan menyeberang ke Kecamatan Sanga-Sanga. Aktivitas penyeberangan ini menjadi sumber ekonomi bagi para pengusaha kapal penyeberangan di Desa Sungai Mariam. Penghasilan yang lebih dari cukup, mendudukan para pengusaha kapal penyeberangan ini menjadi tokoh-tokoh penting di desa.dan memiliki jejaring sosial yang cukup kuat sampai ke birokrasi kabupaten. Penelitian ini menganalisis bagaimana pembangunan dan pegoperasian Jembatan ini membawa dampak yang signifikan kepada mereka. Sejumlah 4 orang pengusaha kapal diwawancarai secara mendalam sebagai informan kunci dan beberapa orang lain diwawancarai untuk menambah beberapa keterangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan penghasilan dan beberapa diantara mereka tidak mengoperasikan pelabuhan, dan kehilangan posisi-posisi sosial yang penting dan. Hilang atau turunnya penghasilan secara drastis menyebabkan mereka fokus mencari kemungkinan pekerjaan lain, tak lagi aktif dalam masyarakat sehingga kurang diperhitungkan di dalam proses-proses pengambilan keputusan komunitas.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, S.Sos., M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

34 total views, 1 views today