Studi tentang Kesejahteraan Kelompok Tani di Desa Kerta Bumi Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Paser No. 12 Tahun 2019 tentang Kelembagaan Petani) (Arvin Sulistiyawan)

September 13, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Sulistiyawan, Arvin
On: Sep 13, 2022 @ 9:20 PM
IP: 120.188.87.205

  • 1. Title [Judul]: Studi tentang Kesejahteraan Kelompok Tani di Desa Kerta Bumi Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Paser No. 12 Tahun 2019 tentang Kelembagaan Petani)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Arvin Sulistiyawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kesejahteraan kelompok tani, implementasi PerDa, kelapa sawit, Disbunak, Paser
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan terkait Kesejahteraan Kelompok Tani Kelapa Sawit di Desa Kerta Bumi Kecamatan Kuaro Kabupaten paser dengan menguraikan Implementasi Peraturan Daerah No.12 Tahun 2019 tentang Kelembagaan Petani yang dilihat melalui Pemberdayaan Kelompok Tani berupa Kemandirian Kelompok Tani berupa Kemandirian Petani, Kemampuan berinovasi, juga Tingkat pendapatan kesejahteraan. Hal lain juga melihat dari peran pemerintah dalam kelembagaan petani yang diukur melalui monitoring, evaluasi kegiatan, dan juga penilaian kelembagaan petani. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser dan Kantor Desa Kerta Bumi Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa terkait kesejahteraan kelompok tani dengan melihat implementasi PerDa No. 12 Tahun 2019 tentang Kelembagaan Petani bahwa Kemandirian kelompok tani kelapa sawit sudah dirasakan oleh petani kelapa sawit dengan mengupayakan secara mandiri atau swadaya dari keanggotaan kelompok tani. Kedua, kemampuan kelompok tani kelapa sawit sudah mampu berinovasi dalam berbagai bidang (Teknik, ekonomi dan Sosial) dengan mengembangkan teknik terbarukan, peningkatan bidang ekonomi dan juga sosial. Ketiga, pendapatan dan kesejahteraan kelompok tani kelapa sawit mengalami peningkatan yang cukup baik karena komoditas kelapa sawit yang mengalami peningkatan nilai jual. Keempat, Monitoring dilakukan oleh pihak pemerintah berupa sosialisasi dan penyuluhan terkait kelapa sawit dan program-program lainnya. Kelima, evaluasi sejauh ini belum pernah dilakukan oleh pemerintah sehingga petani kelapa sawit belum pernah mendapatkannya karena keterbatasan anggaran. Dan terakhir penilaian kelembagaan pun belum pernah didapatkan oleh petani kelapa sawit karena keterbatasan anggaran dan belum terjadwalkan oleh pemerintah terkait.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si & Mohammad Taufik, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

42 total views, 1 views today