Motif Remaja Dalam Menggunakan Aplikasi Netflix Di Kota Samarinda (Anggota Komunitas Samarinda Movie Mania) (Nina Afra Rifai)

August 5, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Afra Rifai, Nina
On: Aug 5, 2022 @ 1:03 PM
IP: 125.160.38.77

  • 1. Title [Judul]: Motif Remaja Dalam Menggunakan Aplikasi Netflix Di Kota Samarinda (Anggota Komunitas Samarinda Movie Mania)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nina Afra Rifai
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Motif, Remaja, Netflix, Komunitas
  • 4. Description [Abstrak] : Nina Afra Rifai, dengan skripsi berjudul Motif Remaja Dalam Menggunakan Aplikasi Netflix Di Kota Samarinda (Anggota Komunitas Samarinda Movie Mania). Tujuan penelitian ini untuk mengemukakan dan mengetahui motif remaja dalam menggunakan aplikasi Netflix. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei. Peneliti menggunakan empat kategori motif yaitu Motif informasi, Motif identitas pribadi, Motif integrasi dan interaksi sosial dan Motif hiburan.
    Menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan Teknik Sampling Jenuh, Sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 55 orang berusia remaja yang merupakan anggota aktif komunitas Samarinda Movie Mania dan menggunakan aplikasi Netflix. Analisis data dilakukan dengan distribusi frekuensi dengan menghitung frekuensi data tersebut kemudian dipersentasekan dan juga menggunakan rumus mean (nilai rata- rata) untuk menarik kesimpulan dari keempat motif tersebut. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah keempat motif berperan penting dalam diri remaja (anggota) dalam memilih untuk menggunakan aplikasi Netflix sesuai dengan minat dan kebutuhan remaja. Tetapi bila dibandingkan antara keempat motif tersebut, untuk keseluruhan responden maka motif informasi dan motif hiburan yang lebih berpengaruh (dominan) dalam diri remaja (anggota Samarinda Movie Mania) dalam menggunakan aplikasi Netflix dan motif Integrasi dan Interaksi Sosial & Motif Identitas Pribadi merupakan motif terendah pengguna dalam menggunakan aplikasi Netflix.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah,S.Sos., M.Si , Kadek Dristiana Dwivayani,S.Sos., M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

31 total views, 1 views today