PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL COSTUMER SERVICE PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA DATEL TENGGARONG DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PADA JARINGAN INTERNET (Felya Anggraini Fahlevi, Drs. Endang Erawan M.Si , Johantan Alfando WS.S.I.Kom., M.I.Kom )

June 16, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Fahlevi, Felya Anggraini
On: Jun 16, 2022 @ 11:44 AM
IP: 36.78.201.100

  • 1. Title [Judul]: PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL COSTUMER SERVICE PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA DATEL TENGGARONG DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PADA JARINGAN INTERNET
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Felya Anggraini Fahlevi, Drs. Endang Erawan M.Si , Johantan Alfando WS.S.I.Kom., M.I.Kom
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Costumer Service, Komunikasi, Pelanggan, Pelayanan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal costumer service PT. Telkom Indonesia Datel Tenggarong dalam menangani keluhan pelanggan pada jaringan internet agar mampu memberikan kepuasan pada pelanggan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus dari penelitian ini yaitu produk yang ditawarkan dengan memperhatikan ciri-ciri komunikasi interpersonal yaitu; arus pesan dua arah, suasana nonformal, umpan balik yang cepat, komunikasi dengan jarak dekat. Informan yaitu Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi dan costumer service. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran komunikasi arus pesan dua arah telah dilakukan dengan menunjukkan senyuman dan sapaan kepada pelanggan sehingga pelangganpun menanggapi komunikasi tersebut. Pada suasana nonformal costumer service berupaya tetap memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan. Umpan balik yang cepat dapat saling diterima dan diberikan baik oleh pelanggan maupun costumer service. Costumer service dan pelanggan melakukan komunikasi jarak dekat, dalam arti dekat fisiologis saling bertatap mukanya ditandai adanya kontak mata pada para pelaku komunikasi dan dekat secara psikologis. Dalam komunikasi terjadi proses mengirim dan menerima pesan secara simultan dan spontan, interaksi ini sudah didukung dengan penggunaan keterampilan komunikasi yang bersifat nonverbal seperti kontak mata, senyum, mimik muka serta gesture tubuh antar pengirim dan penerima pesan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan M.Si , Johantan Alfando WS. S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading