Penghambat Dan Pendukung Aplikasi Perizinan Digital Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bontang (Enggar Apriningsih)

May 10, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 10, 2022 @ 2:56 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Penghambat Dan Pendukung Aplikasi Perizinan Digital Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Enggar Apriningsih
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Publik, E-Government, Perizinan Digital
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis implementasi dari adanya aplikasi Perizinan Digital (PD) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bontang serta, mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung dari berjalannya kebijakan sistem online ini. Jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian yang terdiri dari implementasi aplikasi PD, dan juga faktor penghambat, dan pendukung penerapan PD dalam pelayanan perizinan di DPMPTSP Kota Bontang. Sumber data yang diambil dengan teknik purposive sampling dan juga accidental sampling. Teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara, sampai dokumentasi. Adapun teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan dari Implementasi penerapan Perizinan Digital (PD) di DPMPTSP Kota Bontang belum berjalan maksimal sesuai dengan tujuan pengembangannya, atau dinilai masih banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian beberapa indikator, seperti kurangnya informasi mengenai layanan online ini, selain itu budaya masyarakat yang langsung datang ke kantor menjadi masalah eksternal. Untuk DPMPTSP sendiri aplikasi cukup membantu sebab dapat meminimalisir pengeluaran operasional, dan juga dapat meminimalisir kesalahan. namun kendala ditemukan apabila terjadinya mati listrik, kendala pada jaringan, maupun sistem yang bisa eror sehingga pelayanan harus terhenti. Adapun faktor pendukung layanan terdiri dari, faktor penjaminan dan keamanan aplikasi, budaya organisasi, pelatihan terhadap pegawai, tujuan dari diciptakannya aplikasi, strategi, dan infrastrktur dalam memberikan kenyamanan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si & Daryono, Ph.D
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

45 total views, 2 views today