Pakant Talunt : Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Hutan Adat Di Kampung Juaq Asa kecamatan barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat (Helda Novitasari Paliling)

March 30, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Paliling, Helda Novitasari
On: Mar 30, 2022 @ 1:55 PM
IP: 182.3.137.115

  • 1. Title [Judul]: Pakant Talunt : Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Hutan Adat Di Kampung Juaq Asa kecamatan barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Helda Novitasari Paliling
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pakant Talunt, Kearifan Lokal, Good Governance
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Peranan Pemerintahan Kampung dalam Menjaga Kearifan Lokal Pakant Talunt Berdasarkan Perspektif Good Governance di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat dan Untuk mendeskripsikan Bagaimana Proses Ritual Pakan Talunt dalam Pemanfaatan Hutan Adat di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.
    Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai Pakant Talunt : Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Hutan Adat di Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Analisis data model interaktif, yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pakant Talunt adalah adat atau kepercayaan masyarakat Dayak Tunjung. Dalam bahasa Dayak Tunjung, pakan berarti memberi makan dan alunt berarti hutan. Pakant Talunt artinya memberi makan hutan.
    Ritual adat ini dilakukan yaitu merupakan bentuk penghormatan terhadap penjaga hutan yang disebut penuguq talunt, upaya masyarakat Dayak Tunjung menghindari bahaya saat membuka lahan atau mengunjungi tempat wisata yang dalam bahasa Tunjung disebut mogaq talunt, perwujudan pengampunan kepada arwah leluhur atau dalam istilah bahasa setempat disebut tabeq. Dengan demikian, upacara Pakant Talunt memiliki makna bentuk penghormatan, permintaan maaf, dan doa agar terhindar dari segala mara bahaya yang datang dari hutan Adat. Pakant Talunt ini juga merupakan ritual yang digunakan untuk melestarikan Hutan Adat yang ada di Kampung Juaq Asa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Arifin, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email