OPTIMALISASI TIM PENGGERAK PKK DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA BANGUN MULYA KECAMATAN WARU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Diah Indah Permatasari, Dr.Iman Surya,S.Sos.,M.Si, Dr. Rita Kalalinggi, M.Si)

March 17, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 17, 2022 @ 2:41 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: OPTIMALISASI TIM PENGGERAK PKK DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA BANGUN MULYA KECAMATAN WARU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Diah Indah Permatasari, Dr.Iman Surya,S.Sos.,M.Si, Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: PKK, Kesejahteraan Keluarga, Desa Bangun Mulya
  • 4. Description [Abstrak] : ABSTRAK

    Diah Indah Permatasari, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Optimalisasi Tim Penggerak PKK Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara, di bawah bimbingan Bapak Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si dan Ibu Dr. Rita Kalalinggi, M.Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Optimalisasi Tim Penggerak PKK Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara, yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, serta melalui buku-buku dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Milles, Huberman dan Saldana (2014).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tim Penggerak PKK Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara telah berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yang dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pembinaan kegiatan meskipun belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan dana masyarakat untuk mengembangkan hasil dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh tim PKK, kurangnya pemahaman masyarakat dalam memahami apa yang sudah diberikan dan disampaikan dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh tim PKK, wirausaha atau industri rumahan tidak berjalan optimal karena masyarakat kurang inovatif dan kreatif mengembangkan ide-ide hasil pelatihan serta sulitnya mengajak ibu-ibu muda ikut berpartisipasi dalam kegiatan PKK.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Diah Indah Permatasari, Dr.Iman Surya,S.Sos.,M.Si, Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17/03/2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CCL

44 total views, 1 views today