PERAN PETUGAS PANTI JOMPO DALAM MEMBERI PELAYANAN KEPADA LANSIA (STUDI KASUS PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA NIRWANA PURI) DI KOTA SAMARINDA (Astrie Gamayanti, H. Massad Hatuwe, Sarifudin)

January 10, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: gamayanti, astrie
On: Jan 10, 2022 @ 6:10 PM
IP: 125.160.115.200

  • 1. Title [Judul]: PERAN PETUGAS PANTI JOMPO DALAM MEMBERI PELAYANAN KEPADA LANSIA (STUDI KASUS PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA NIRWANA PURI) DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Astrie Gamayanti, H. Massad Hatuwe, Sarifudin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Petugas Panti, Lansia, Panti Sosial
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran petugas Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri dalam memberikan pelayanan kepada lansia. Data yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan informan dan observasi lapangan. Informan terdiri berjumlah 13 orang dan terdiri dari Kepala Panti, 7 orang pengasuh panti, dan 5 orang lansia penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri. Metode pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan lansia yang menjadi informan yaitu menggunakan teknik Accidental Sampling. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan pengasuh panti dalam memberikan pelayanan terhadap lansia telah berperan aktif sesuai dengan tugas dan pelayanan yang ditetapkan. Dimana untuk pelayanan fisik, maka pengasuh panti hanya berperan sebagai orang yang mengamati kondisi kesehatan dan mengingatkan jadwal pemberian obat Lansia. Untuk pelayanan psikologi, pengasuh panti berperan sebagai orang yang memotivasi dan menemani lansia untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang mengurangi tingkat stress pada lansia yang telah disiapkan oleh pihak panti. Sedangkan untuk pelayanan social, pengasuh panti berperan aktif dalam membantu Lansia dalam memperhatikan kebutuhan sehari-harinya khususnya untuk Lansia dengan kategori total care dan juga rutin berkomunikasi dan membantu memecahkan segala masalah yang Lansia hadapi di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Pembangunan Sosial
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Astrie Gamayanti, H. Massad Hatuwe, Sarifudin
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

20 total views, 1 views today