Manajemen Strategi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam Peningkatan Pelayanan Terminal Lempake Kota Samarinda (Meris Ridananti)

December 1, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 1, 2021 @ 1:43 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Manajemen Strategi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam Peningkatan Pelayanan Terminal Lempake Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Meris Ridananti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Manajemen Strategi, Peningkatan Pelayanan Terminal
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen strategi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan pelayanan Terminal Lempake Kota Samarinda dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan pelayanan Terminal Lempake Kota Samarinda. Jenis penelitian skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian manajemen strategi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan pelayanan Terminal Lempake Kota Samarinda meliputi perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian serta kendala-kendala yang dihadapi oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan pelayananan Terminal Lempake Kota Samarinda. Adapun sumber dan jenis data penelitian ini terdiri dari key informan yaitu Kepala UPTD Terminal, Kepala Sub Tata Usaha, Kasi Operasional I UPTD Terminal Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dan informan lainnya yaitu Operator dan Pengawas Terminal Lempake serta sopir bus, sopir angkot dan masyrakat/penumpang di Terminal Lempake. Sumber data sekunder meliputi dokumen, arsip, laporan yang ada di Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur serta buku referensi di perpustakaan dan internet. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dalam peningkatan pelayanan Terminal Lempake Kota Samarinda dari perumusan strategi telah dirumuskan dengan baik, berdasarkan relevansi RPJMD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019-2023. Implementasi strategi belum maksimal, sebab masih terdapat kendala yakni program peningkatan pelayanan Terminal Lempake hanya kegiatan renovasi dan pemeliharaan terminal apa adanya, anggaran yang tersedia sangat minim dan prosedur pelayanan Terminal Lempake kurang maksimal dilaksanakan sebab belum sepenuhnya memenuhi standar kelayakan bagi terminal tipe B. Evaluasi dan pengendalian yakni monitoring dan evaluasi telah dilakukan cukup baik, dibuktikan dengan monitoring langsung dan tidak langsung serta evaluasi realisasi pertumbuhan jumlah penumpang terminal tipe B belum mencapai target yang ditentukan. Kendala-kendala yang dihadapi antara lain hanya melakukan kegiatan renovasi prasarana terminal yang mendesak, SDM dari segi kualitas dan kuantitas masih kurang dan belum memadai, semakin berkurangnya minat masyarakat menggunakan bus dan angkot, jadwal keberangkatan bus yang tak menentu dan belum ada Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur Kalimantan Timur yang mengatur secara spesifik pedoman pengelolaan terminal penumpang tipe B.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, M.Si & Dini Zulfiani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

34 total views, 1 views today