STUDI TENTANG PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGADUAN LAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SAMARINDA (Zulkarnain, Bambang Irawan, Cathas Teguh Prakoso)

November 22, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 22, 2021 @ 5:16 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGADUAN LAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zulkarnain, Bambang Irawan, Cathas Teguh Prakoso
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: SOP, Pengaduan Layanan, PDAM Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan SOP pengaduan layanan di PDAM Kota Samarinda dan faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan SOP pengaduan layanan. Penelitian ini dilakukan di Kantor PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Fokus penelitian dalam penerapan SOP pengaduan layanan di Kantor PDAM Kota Samarinda meliputi:
    a. Persyaratan pelayanan penanganan pengaduan, b. Sistem, mekanisme, dan prosedur, c. Biaya/tarif, d. Waktu penyelesaian, e. Layanan pemasangan sambungan baru, f. Layanan perbaikan water meter. Narasumber meliputi koordinator Contact Center Kantor PDAM. Dari hasil penelitian masih adanya kendala seperti kurangnya penyaluran air dalam pipa induk, kurangnya SDM di lapangan dan banyaknya tunggakan pelanggan sehingga penyelesaian dalam pengaduan tersebut terkadang tidak tepat waktu dan terhambat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan. M. Si, Dr. Cathas Teguh Prakoso. M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22/11/2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: CCL

21 total views, 1 views today