EFEKTIVITAS PROGRAM “BELAJAR DARI RUMAH” DI TVRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 010 BALIKPAPAN TIMUR SELAMA PANDEMI COVID-19 (Askiah Zulfadhilah)

February 12, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 12, 2022 @ 6:54 PM
IP: 36.85.2.104

  • 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS PROGRAM “BELAJAR DARI RUMAH” DI TVRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 010 BALIKPAPAN TIMUR SELAMA PANDEMI COVID-19
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Askiah Zulfadhilah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, TVRI, Program “Belajar dari Rumah”
  • 4. Description [Abstrak] : Program “Belajar dari Rumah” merupakan program kerjasama Kemendikbud dengan TVRI Nasional dengan tema “Belajar dari Rumah” selama masa darurat Covid-19. Program “Belajar dari Rumah” merupakan alternatif bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dimana pembelajaran jarak jauh ini membutuhkan sarana internet dan fasilitas jaringan.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program “Belajar dari Rumah” di TVRI sebagai media pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Balikpapan Timur selama pandemi covid-19. Tayangan Belajar dari Rumah merupakan program pendidikan yang disiarkan oleh Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI).
    Peneliti menggunakan ukuran efektivitas menurut Duncan yang dikutip Richard M, Steers (1985:53) dengan tiga elemen yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Peneliti menggunakan teori yaitu Uses and Effects. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu observasi serta wawancara dengan teknis analisis data Miles dan Huberman.
    Hasil penelitian ini memperoleh gambaran efektivitas program “Belajar dari Rumah” di TVRI sebagai media Pembelajaran di SD Negeri 010 Balikpapan Timur, hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program “Belajar dari Rumah” di TVRI dapat dikatakan kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian tujuan yang belum optimal, sisi integrasi kurang, dan adaptasi yang belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh guru maupun peserta didik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S. , Hj. Hairunnisa, S.Sos., M.M.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12 Februari 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email