STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEMILIK RUMAH MAKAN DI TENGAH PANDEMIK COVID-19 DI KAWASAN JALAN PRAMUKA KELURAHAN GUNUNG KELUA KOTA SAMARINDA (Rizka Yuly Agustinah)

February 12, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Yuly Agustinah, Rizka
On: Feb 12, 2022 @ 7:36 AM
IP: 180.248.255.4

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEMILIK RUMAH MAKAN DI TENGAH PANDEMIK COVID-19 DI KAWASAN JALAN PRAMUKA KELURAHAN GUNUNG KELUA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizka Yuly Agustinah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Covid-19, Pedagang Kecil, Strategi Bertahan Hidup
  • 4. Description [Abstrak] : Pandemik Covid-19 membawa begitu banyak perubahan sehingga berdampak kesetiap kehidupan manusia tidak terkecuali para pemilik rumah makan. Banyaknya aturan Pemerintah untuk memutus matarantai penularan virus Covid-19, mengakibatkan para pemilik rumah makan di kawasan jalan Pramuka mengalami beragam problematika baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasikan strategi bertahan hidup para pemilik rumah makan di tengah pandemik Covid-19 di kawasan jalan Pramuka kelurahan Gunung Kelua. Penelitian ini menggunakan teori bertahan hidup menurut Edi Suharto (2009) yang membagi strategi bertahan hidup menjadi 3 bentuk yaitu: strategi aktif, strategi pasif, dan strategi jaringan. Interview dilakukan terhadap 11 orang informan, teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berfokus pada usaha bertahan hidup para pemilik rumah makan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa strategi bertahan hidup yang dilakukan para pemilik rumah makan yaitu: (1) Strategi aktif dengan cara menambah jam kerja, melakukan penjualan serta promosi melalui sosial media, melakukan kerja sama dengan layanan pesan antar, anggota keluarga ikut serta dalam membantu di rumah makan dan melakukan pekerjaan lain untuk menambah penghasilan. (2) Strategi pasif dengan cara bijak dan selektif dalam mengelola keuangan, menghemat segala sesuatu (seperti penggunaan listrik, air dan uang belanja keluarga), dan mengurangi jumlah karyawan. (3) Strategi jaringan dengan cara meminta pertolongan kepada tetangga maupun keluarga, menggadaikan barang pribadi ke Pegadaian, selain itu dapat berupa bantuan dari pemerintah seperti pembagian sembako dan BLT.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.Sri Murlianti., M.Si, Ratna Purba., MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email