Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 008 Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda (Satrian, Ainun Ni’matu Rohmah, Kheyene Molekandella Boer)

February 10, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: -, Satrian
On: Feb 10, 2022 @ 5:26 PM
IP: 36.85.32.41

  • 1. Title [Judul]: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 008 Sungai Kapih Kecamatan Sambutan Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Satrian, Ainun Ni’matu Rohmah, Kheyene Molekandella Boer
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Emaslim, Peran kepala sekolah, Kinerja guru
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik di SDN 008 Sungai Kapih. Penelitian ini menggunakan Teori Peneterasi Sosial oleh Altman dan Taylor berdasarkan beberapa tahapan-tahapan dalam pendekatan diri antar individu yaitu tahap orientasi, tahap afektif, tahap efektif dan tahap stabil. Dan konsep Peran yang didalamnya berisikan peran kepala sekolah sebagai emaslim (edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator) oleh Mulyasa dan berfokus terhadap pendekatan komunikasi diantara kepala sekolah dan para pendidik.
    Dari penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling yang membutuhkan subjek/objek sesuai tujuan, adapun teknik keabsahan data dilakukan untuk membuktikan apakah penelitian yang dilakukan benar-benar merupakan penelitian ilmiah sekaligus untuk menguji data yang diperoleh dengan teknik triangulasi Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif naturalistik yang berusaha menggambarkan obyek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan menjelaskan bahwasanya peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik di SDN 008 Sungai Kapih yaitu berdasarkan Teori Peneterasi Sosial maka digambarkan kepala sekolah melalui beberapa tahapan pendekatan kepada para pendidik sudah cukup maksimal, dimana peran sebagai edukator sudah berada pada tahap stabil, dalam perannya sebagai manajer hanya berada pada tahap efektif kepala sekolah perlu menerapkan gaya open agar dapat ketahap stabil, selanjutnya peran kepala sekolah sebagai administrator kepala sekolah sebagian berada di tahap stabil dan sebagian pada tahap efektif dan perlu gaya terbuka agar dapat ketahap stabil, pada peran sebagai leader kepala sekolah berada ditahap efektif sehingga perlu gaya open untuk ketahap selanjutnya pada perannya sebagai motivator kepala sekolah sudah di tahap stabil.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ainun Ni’matu Rohmah,.S.I.Kom.,M.A, Kheyene Molekandella Boer,S.I.Kom.,M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading