IDENTIFIKASI DESTINASI WISATA DANAU AJI MANGKU DI DESA BOHE SILIAN KECAMATAN MARATUA KABUPATEN BERAU (JAMAL)

October 19, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 19, 2021 @ 12:08 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: IDENTIFIKASI DESTINASI WISATA DANAU AJI MANGKU DI DESA BOHE SILIAN KECAMATAN MARATUA KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: JAMAL
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Identifikasi, Potensi, Destinasi Wisata.
  • 4. Description [Abstrak] : Jamal, Identifikasi Potensi Destinasi Wisata Danau Aji Mangku di Desa Bohe Silian Kecamatan Maratua Kabupaten Berau, dibawah bimbingan Ibu Dr.Rosa Anggraeiny, M.Si dan Bapak Drs. M.Z. Arifin, M.Si.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tarik wisata di Danau Aji Mangku di Desa Bohe Silian, dan untuk mengetahui kendala dalam pengembangan potensi wisata Danau Aji Mangku di Desa Bohe Silian Kecamatan Maratua Kabupaten Berau. Jenis penelitian yang dilakukan ini deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian dari: attraction (atraksi), amenity (fasilitas), accessibility (aksesibilitas), ancilliary (pelayanan tambahan), dan faktorpenghambat.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa, identifikasi potensi destinasi wisata Danau Aji Mangku di Desa Bohe Silian Kecamatan Maratua Kabupaten Berau, dari atraksi wisata utama yang ditawarkan berupa hasil ciptaan manusia yakni bermacam-macam jenis bunga tropis di sekitar pintu masuk danau. Fasilitas yang ada di objek wisata Danau Aji Mangku belum ada lapangan parkir, gazebo, toilet, belum di semeninasasi atau aspal sebuah jalan keliling untuk trip, papan informasi yang kurang, hanya tersedia beberapa unit tong sampah, dan listrik masih menggunakan tenaga diesel, air bersih didapat dari tampungan air hujan, sulitnya akses menuju lokasi hal belum sesuai dengan pengelolaan karena tidak menyediakan fasilitas untuk para pengunjung dan perlu ditambah dan diperbaiki segala fasilitas yang ada. Aksesbilitas menuju Danau Aji Mangku adalah petunjuk jalan menuju wisata tidak ada, dan transportasi umum menuju Objek Wisata Danau Aji Mangku tidak tersedia. Pelayanan tambahan yang ada pada objek wisata Danau Aji Mangku saat ini, hanya menyediakan beberapa transportasi menuju objek wisata dengan bekerja sama dengan beberapa orang masyarakat untuk membantu penyewakan kapal dan memandu para wisatawan menuju ke objek wisata Danau Aji Mangku. Faktor penghambat yakni: pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana di Desa Bohe Silian yang belum memadai, listrik, air bersih, alat transportasi yang kurang memadai, dan minimnya dukungan keuangan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi KalimantanTimur.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeny, M.Si & Drs. H. M. Z. Arifin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

58 total views, 1 views today