Efektivitas Pelayanan Pegawai Dalam Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Jawa Kecamatan Samarinda ULU (Jein Natalia)

September 30, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 30, 2021 @ 12:21 PM
IP: 125.160.112.151

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Pelayanan Pegawai Dalam Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Jawa Kecamatan Samarinda ULU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jein Natalia
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Pelayanan Pegawai, Kepuasan Masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pada kondisi yang sebenarnya secara alami dalam pelayanan pegawai kepada masyarakat di kantor keluarahan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan adalah model interaktif yang dikemukakan Miles dan Huberman dalam Sugiyono. Penelitian dilaksanakan di Kantor Kelurahan Jawa Kecamatan Samarinda Ulu. Adapun fokus penelitian yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Keandalan), Responsivness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati).
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Pegawai Dalam Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kantor Kelurahan Jawa Kecamatan Samarinda Ulu, bahwa pegawai telah menerapkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) tetapi masih ada sebagian yang belum terlaksana sesuai dengan SOP (Standar Operasioanl Prosedur) disebabkan oleh faktor SDM dan sarana prasarana yang belum memadai, sehingga jika dikaitkan dengan kepuasan masyarakat berarti kepuasan masyarakat belum sepenuhnya puas secara keseluruhan berdasarkan fokus penelitian. Masih ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan tingkat kepuasan masyarakat yang berhubungan dengan dimensi Tangibles (Bukti Fisik). Hal yang belum memadai dan masih dikeluhkan masyarakat dimulai dari kantor kelurahan masih kekurangan pegawai, kedisiplinan jam kerja, kurangnya keterbukaan informasi kepada masyarakat mengenai prosedur pelayanan. Sedangkan dalam dimensi Reliability (Keandalan), pegawai sudah mampu memberikan pelayanan secara tepat dan benar dan memberikan respon cepat kepada masyarkat, Responsiveness (ketanggapan) dimana pegawai selayaknya penyelenggara pelayanan selalu memberikan informasi yang jelas dan mengarahkan serta memberikan solusi bagi masyarakat serta assurance (jaminan) bahwa pegawai memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan ketanggapan diberlakukan bagi semua masyarakat tanpa memilih-milih, Empathy (empati) telah berjalan sesuai dengan harapan masyarakat yakni pegawai penuh perhatian, sikap ramah dan sopan kepada semua masyarakat dan sesama pegawai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si (pembimbing I) dan Dr. Rita Kala Liggi, M.Si (Pembimbing II))
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email