Strategi Pengelolaan Instagram Oleh Unit Humas Unmul Sebagai Media Komunikasi Untuk Mempertahankan Brand Relationship (Diana Aprilia Gultom)
August 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Gultom, Diana Aprilia
On: Aug 6, 2024 @ 12:57 PM
IP: 10.10.1.180
- 1. Title [Judul]: Strategi Pengelolaan Instagram Oleh Unit Humas Unmul Sebagai Media Komunikasi Untuk Mempertahankan Brand Relationship
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Diana Aprilia Gultom
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: The Circular Model of SOME, Komunikasi Organisasi, Instagram, Brand Relationship
- 4. Description [Abstrak] : Universitas Mulawarman merupakan
perguruan tinggi terbaik di Kalimantan Timur yang memanfaatkan media sosial
sebagai media komunikasi organisasinya. Salah satunya adalah Instagram yang
menjadi pusat penyebaran infromasi mereka pada saat ini. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan oleh unit
Humas Unmul dalam mengelola media sosial Instagram mereka sebagai media
komunikasi untuk mempertahankan Brand Relationship. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan secara
garis besar dari semua data yang didapatkan melalui teks deskripsi bebentuk
narasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
sampling bertujuan (purposive sampling). Pengambilan sampel berupa
wawancara sebagai data primer dan observasi sebagai data pendukung. Data
tersebut dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh Humas Unmul
sudah cukup baik dan hampir memenuhi setiap aspek dari The Circular Model of
SOME, yakni Share, Optimize, Manage, dan Engage. Namun belum maksimal,
terutama pada aspek Manage, yakni pada real-time interactions dan quick
response. Namun begitu, pengelolaan yang dilakukan sudah cukup berhasil
dalam mempertahankan brand relationship. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Annisa Wahyuni Arsyad
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 6 Agustus 2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=5021
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document