Strategi Pengelolaan Instagram Oleh Unit Humas Unmul Sebagai Media Komunikasi Untuk Mempertahankan Brand Relationship (Diana Aprilia Gultom)

August 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Gultom, Diana Aprilia
On: Aug 6, 2024 @ 12:57 PM
IP: 10.10.1.180

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pengelolaan Instagram Oleh Unit Humas Unmul Sebagai Media Komunikasi Untuk Mempertahankan Brand Relationship
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Diana Aprilia Gultom
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: The Circular Model of SOME, Komunikasi Organisasi, Instagram, Brand Relationship
  • 4. Description [Abstrak] : Universitas Mulawarman merupakan
    perguruan tinggi terbaik di Kalimantan Timur yang memanfaatkan media sosial
    sebagai media komunikasi organisasinya. Salah satunya adalah Instagram yang
    menjadi pusat penyebaran infromasi mereka pada saat ini. Tujuan penelitian ini
    untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan oleh unit
    Humas Unmul dalam mengelola media sosial Instagram mereka sebagai media
    komunikasi untuk mempertahankan Brand Relationship. Penelitian ini
    menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan secara
    garis besar dari semua data yang didapatkan melalui teks deskripsi bebentuk
    narasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
    sampling bertujuan (purposive sampling). Pengambilan sampel berupa
    wawancara sebagai data primer dan observasi sebagai data pendukung. Data
    tersebut dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil
    penelitian ditemukan bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh Humas Unmul
    sudah cukup baik dan hampir memenuhi setiap aspek dari The Circular Model of
    SOME, yakni Share, Optimize, Manage, dan Engage. Namun belum maksimal,
    terutama pada aspek Manage, yakni pada real-time interactions dan quick
    response. Namun begitu, pengelolaan yang dilakukan sudah cukup berhasil
    dalam mempertahankan brand relationship.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Annisa Wahyuni Arsyad
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 6 Agustus 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading