Peran Public Relations Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di PT. Badak NGL (Rizky Chandra Kurniawan)

November 25, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Chandra Kurniawan, Rizky
On: Nov 25, 2022 @ 10:52 AM
IP: 202.67.39.6

  • 1. Title [Judul]: Peran Public Relations Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di PT. Badak NGL
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizky Chandra Kurniawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Public Relations, CSR, Pemeberdayaan Masyrakat, Komunikasi.
  • 4. Description [Abstrak] : Seiring dengan perkembangan isu lingkungan global, konsep dan praktik CSR juga semakin meningkat di Indonesia CSR tidak hanya merupakan kewajiban sosial perusahaan, tetapi juga terkait dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Namun masih banyak perusahaan yang melaksanakan CSR hanya sekedar kegiatan yang bersifat isedental bukan dengan merencanakan CSR yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat sebagaimana esensi dari CSR untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. PT. Badak NGL sebagai perusahaan pengelola gas alam yang berlokasi di Bontang, Kaltim, berangkat dari sifat sukarela dan undang – undang UUPT No 40 tahun 2007 sebagai dasar mandatorinya mereka harus mengambil peran dalam membantu pemerintah menangani permasalahan social dan lingkungan melalui program CSR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran Public relations dalam pelaksanaan program Tanggung jawab social baik dari peran teknis komunikasi maupun dalam peran manajerial. Metodologi yang digunakan bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada beberapa orang yang dianggap kompeten dan mengetahui kunci informasi, observasi dan tinjauan pustaka. Penelitan ini menemukan praktik PR yang dominan sebagai teknolog wacana perusahaan, yaitu berperan dalam mempromosikan CSR untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan bertindak sebagai penasihat pada program CSR hal ini dikarenakan CSR sudah menjadi tanggung jawab divisi Community development, sehingga PR Badak LNG dalam pelaksanaan CSR hanya sebatas menjalankan peran teknis komunikasi, seperti publikasi, media relations atau menangkap isu – isu dimasyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rina Juwita,S.IP., MHRIR
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 November 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email