Strategi Komunikasi Persuasif Model AIDDA Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda Melalui Media Sosial (Rezhi Ade Indra Pratama)

June 15, 2022
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 15, 2022 @ 9:54 AM
IP: 182.3.137.2

  • 1. Title [Judul]: Strategi Komunikasi Persuasif Model AIDDA Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda Melalui Media Sosial
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rezhi Ade Indra Pratama
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Pacaran, AIDDA, Media Sosial
  • 4. Description [Abstrak] : Indonesia Tanpa Pacaran adalah sebuah komunitas yang memiliki visi Menjadi Barisan Terdepan Berjuang Menghapus Pacaran dari Indonesia. Komunitas ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan salah satunya ada di Samarinda. Sesuai nama dari komunitas tersebut, Indonesia Tanpa Pacaran ingin menghapus pacaran dari Indonesia. Komunitas ini terbentuk karena melihat banyaknya fenomena remaja yang melakukan seks pranikah dan hamil di luar nikah yang menyebabkan beberapa di antaranya ingin menggugurkan kandungan bahkan hingga bunuh diri. Tetapi dalam praktiknya, Indonesia Tanpa Pacaran mengalami berbagai macam penolakan dan hambatan komunikasi, tidak terkecuali Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda.
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi komunikasi persuasif komunitas Indonesia Tanpa pacaran Samarinda melalui media sosial dan mengkaji faktor-faktor penghambat Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
    Hasil dari penelitian didapatkan hasil bahwa Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda menggunakan kelima tahapan komunikasi antara lain Tahapan A (Attention), I (Interest), D (Desire), D (Decision), dan Tahap A (Action). Dalam pengaplikasiannya, Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda kurang berhasil mencapai tujuannya karena banyaknya hambatan yang dihadapi. Hambatan itu berasal dari pengurus Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda serta berasal dari cara mengaplikasikan tahapan komunikasi kepada remaja dan masyarakat.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

41 total views, 1 views today