Studi Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrstruktur di Desa Sepala Dalung Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung (Abdul Wahid)

July 15, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: wahid, abdul
On: Jul 15, 2013 @ 10:41 AM
IP: 110.136.205.9

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrstruktur di Desa Sepala Dalung Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abdul Wahid
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Tujuan Penelitian, fokus penelitian, lokasi penelitian, pengumpulan data
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Partisipasi masyarakat Desa Sepala Dalung di dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Sepala dalung Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana tidung. Dengan fokus penelitian melimputi : Partisipasi Masyarakat di Dalam Perencanaannya, Pelaksanaannya, dan pengawasannya, serta Faktor yang mempengaruhi Fakto pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat.
    Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan studi keperpustakaan, studi lapangan, yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, analisis dokumentasi dengan pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan data sekunder berupa surat-surat, arsip-arsip dan dokumen-dokumen yang ada relevisinya dengan kebutuhan data yang diperlukan dalam proses penulisan serta mengadakan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa (SekDes), Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD), Serta warga desa sepala dalung. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Sepala Dalung, merupakan satu di antara desa wilayah Kabupaten Tana Tidung tepatnya di Kecamatan Sesayap Hilir yang memiliki jumlah penduduk 851 jiwa dan terdapat 207 KK (kepala keluarga) yang terdiri dari 448 jiwa laki-laki dan 403 jiwa wanita. Dari hasil pengamatan lapangan pembangunan infrastruktur desa yang dilaksanakan masih ada ditemukan berbagai permasalahan (kendala) satu diantaranya didalam perencanaan pengambilan keputusan, masyarakat sebagian besar tidak bisa menghadiri kegiatan rapat yang diselenggarakan pemerintah desa setempat. Walaupun diketahui bersama bahwa pembangunan yang dilakukan hanya semata untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat itu sendiri.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Iman Surya. S.Sos M.si, AnwarA.S, S.Sos M.M.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article