Aktualisasi Diri Pada Anak Jalanan Berprestasi (Studi Kasus Anak Jalanan Berprestasi di Rumah Singgah dan Rumah Cantik Borneo Madani, Samarinda) (Rinthia Eka Meilita)

August 3, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Meilita, Rinthia Eka
On: Aug 3, 2015 @ 8:27 PM
IP: 36.83.43.119

  • 1. Title [Judul]: Aktualisasi Diri Pada Anak Jalanan Berprestasi (Studi Kasus Anak Jalanan Berprestasi di Rumah Singgah dan Rumah Cantik Borneo Madani, Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rinthia Eka Meilita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: aktualisasi diri, kebutuhan berprestasi
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian mengenai aktualisasi diri pada anak jalanan berprestasi bertujuan untuk mengetahui aktualiasi diri seorang anak jalanan, bagaimana seorang anak jalanan yang mendapat stigma negatif oleh orang lain mampu mengembangkan potensi dalam dirinya hingga mampu mencapai suatu prestasi. Aktualisasi diri dalam psikologi humanistik mempersoalkan pertumbuhan pribadi individu. Teori ini menekankan pada proses pertumbuhan dan perkembangan pribadi ke tingkat yang sebaik mungkin, realisasi keunikan setiap individu, dan pemenuhan potensi diri. Kebutuhan berprestasi ialah sebagai orientasi individu untuk berusaha mencapai kesuksesan, bertahan saat gagal, dan mendapatkan penghargaan saat mencapai prestasi.
    Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan tiga subjek.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga subjek mempunyai ciri-ciri orang yang melakukan aktualisasi diri dengan meraih suatu prestasi. Pada subjek pertama Ismawati, mengaktualisasikan dirinya dengan mengikuti pelatihan seni membuat rotan dan meraih prestasi dalam bidang kerajinan seni membuat rotan. Subjek kedua Aan, mengaktualisasikan dirinya dengan mengikuti pengajaran di rumah singgah dan sekolah formal, pencapaian prestasi yang diraih Aan berupa mengikuti kongres anak nasional di Bandung. Subjek ketiga Ayu, mengaktualisasikan dirinya dengan cara mengikuti kursus salon kecantikan di rumah cantik dan meraih pretasi ketika mengikuti lomba kecantikan seni penataan rambut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Badruddin Nasir, M.Si, Andreas Agung Kristanto, S.Psi.,MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email