STUDI PELAKSANAAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Wirinda Sari )

July 28, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 28, 2015 @ 7:29 PM
IP: 180.248.253.71

  • 1. Title [Judul]: STUDI PELAKSANAAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wirinda Sari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Pelayanan Publik.
  • 4. Description [Abstrak] : Pelaksanaan good governance merupakan kebutuhan mutlak mayoritas rakyat demi terciptanya suatu sistem politik pemerintahan yang lebih berpihak kepada kepentingan rakyat sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi secara universal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Informan kunci pada penelitian ini yaitu Camat Tenggarong Seberang. Sedangkan informan yang dipilih yaitu seluruh staf Kecamatan Tenggarong Seberang. Serta informan lain yaitu masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan di Kantor Camat Tenggarong Seberang. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat informasi yang jelas mengenai prosedur atau tata cara mendapatkan pelayanan dan pegawai terkesan pilih kasih yaitu masyarakat yang dikenal diberi pelayanan lebih dulu dibandingkan yang tidak dikenal. Kesimpulannya partisipasi masyarakat, transparansi dan akuntabilitas di Kecamatan Tenggarong Seberang masih kurang baik atau tidak sesuai prinsip good governance.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si & Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Juli 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email