ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM RENCANA PENGADAAN ALAT BERAT MEMBELI ATAU MENYEWA PADA CV PUTRI DITA DI TENGGARONG (ELVHYN NOVAN ANANDA)

July 28, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 28, 2015 @ 1:36 PM
IP: 180.248.253.71

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM RENCANA PENGADAAN ALAT BERAT MEMBELI ATAU MENYEWA PADA CV PUTRI DITA DI TENGGARONG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ELVHYN NOVAN ANANDA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Analisis biaya differensial, membeli, menyewa, alat berat.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah, Untuk mengetahui alternatif yang lebih menguntungkan antara membeli atau menyewa Bulldozer pada CV. Putri Dita di Tenggarong. Untuk menganalisis permasalahan maka alat analisis yang penulis kemukakan mengacu pada akuntansi manajemen dalam menganalisis biaya differensial dalam memilih alternatif membeli atau menyewa alat berat bulldozer dengan membandingkan biaya-biaya yang relevan dari kedua alternatif. Untuk menghitung modal dan biaya-biaya relevan membeli alat berat yang ditaksir mempunyai umur ekonomis selama 5 tahun, digunakan perhitungan nilai waktu uang dimasa sekarang (present value) dari masa manfaat alat berat dimasa yang akan datang sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. Nilai waktu uang sekarang untuk umur ekonomis 5 tahun dapat dihitung dengan menggunakan discount factor dari jumlah biaya modal rata-rata tertimbang. Lebih dahulu dihitung nilai sekarang dari harga beli dan biaya-biaya relevan yang berhubungan dengan membeli alat berat dengan umur ekonomis. Nilai sekarang dihitung dengan menggunakan discount factor berdasarkan modal perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam pemilihan alternatif membeli atau menyewa alat berat mayoritas lebih menguntungkan untuk membeli menggunakan kredit bank dibandingkan dengan menyewa dengan menggunakan sewa guna usaha dengan selisih nilai total PV arus kas keluar sebesar Rp 76,257,322.93 dimana hasil tersebut merupakan selisih dari selisih nilai tunai arus kas keluar antara alternatif kredit bank sebesar Rp 1,307,217,877.07 dan Alternatif menyewa dengan sewa guna usaha sebesar Rp 1,383,475,200.00.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Eko A. Widyanto, SE., M.SA & Drs. M.Zaini, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 JULI 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading

Print Friendly, PDF & Email