PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN e-KTP DI KELUARAHAN LOA DURI ULU KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Viktor Saruan)

July 23, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 23, 2015 @ 12:42 PM
IP: 180.248.254.97

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN e-KTP DI KELUARAHAN LOA DURI ULU KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Viktor Saruan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan publik, e-KTP, Kelurahan Loa Duri Ulu.
  • 4. Description [Abstrak] : Viktor Saruran, “Persepsi Masyarakat Dalam Pelanyanan Pembuatan e-KTP Di Kelurahan Loa Duri Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara”, di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si selaku Dosen Pembibing I, dan Dr. Anthonius Margono, M.Si selaku Pembimbing II.
    Penelitian ini Mengambarkan tentang bagaimana persepsi masyarakat dalam pelanyanan pembuatan e-KTPmeliputi dari kesederhanaan prosedur, ketepatan waktu pelayanan, sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan e-KTP di kantor Desa Loa Duri Ulu, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan e-KTP tersebut, baik itu secara internal maupun eksternal.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Loa Duri Ulu Kecamatan Loa Janan. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, dan wawancara. Narasumber terdiri dari kepala desa Loa Duri Ulu serta informannya adalah masyarakat. Data-data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman.
    Temuan dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaan pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP dapat dikatakan cukup jelas, sudah sederhana dan tidak terlalu membingungkan masyarakat sebagai pemohon, sarana dan prasarana yang tersedia dapat dikatakan cukup menunjang kegiatan pelayanan. Penelusuran lebih jauh, hal ini tidaklah lepas dari peran aparatur pemberi pelayanan dan partisipasi masyarakat sebagai penerima pelayanan agar pelayanan yang diterima sesuai dengan apa diinginkan. Walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang masih harus dihadapi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Dr. Anthonius Margono, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Juli 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email