Pembangunan Berbasis Ekonomi Kerakyatan di Kota Samarinda (Upaya Pembinaan dan Pemberdayaan Dalam Rangka Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang) (Hendika Julianda)

July 15, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 15, 2015 @ 9:25 AM
IP: 180.248.92.6

  • 1. Title [Judul]: Pembangunan Berbasis Ekonomi Kerakyatan di Kota Samarinda (Upaya Pembinaan dan Pemberdayaan Dalam Rangka Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hendika Julianda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pembangunan, ekonomi kerakyatan, pembinaan pemberdayaan, Samarinda Seberang
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan di Kota Samarinda dalam upaya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Dengan fokus penelitian yaitu pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan dalam bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.
    Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Baqa dengan narasumber dari informan-informan yang telah ditetapkan dengan menggunakan sebagai informan dalam penelitian ini Kepala Kelurahan, perangkat kelurahan, dan tokoh-tokoh masyarakat serta masyarakat setempat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pembinaan dan pemberdayaan telah dilakukan pemerintah melalui sosialisasi cara menenun, penyuluhan industri kecil menengah, penguatan partisipasi masyarakat dalam mengikuti pelatihan-pelatihan dan pemberian pelatihan kepada masyarakat yaitu cara menenun, pelatihan manajemen dan pelatihan system pemasaran. Adapun dampak yang bisa dilihat adalah meningkatnya penghasilan ekonomi setiap bulannya dan meningkatnya wawasan masyarakat menjadi lebih terbuka dan ekonomi masyarakat
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, MA, Budiman, S.Ip, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Desember 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email