PERAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN TANA LIA KABUPATEN TANA TIDUNG (Studi Kasus di Desa Tanah Merah dan Desa Sambungan) (Hermansyah)

May 4, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 4, 2015 @ 2:32 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: PERAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN TANA LIA KABUPATEN TANA TIDUNG (Studi Kasus di Desa Tanah Merah dan Desa Sambungan)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hermansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Kepala Desa, Pelaksanaan Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] :    Saya yang bernama hermansyah melakukan penelitian ini yang membahas tentang peran Kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung khususnya di Desa Tanah Merah dan Desa Sambungan yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan peran Kepala Desa, serta ingin mengetahui faktor yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi Kepala Desa. Skripsi ini berargumentasikan bahwa peran Kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan di desa sangat besar dan sangat penting.
       Dengan fokus penelitian peran kepala desa sebagai motivator, fasilitator, dan mediator penelitian ini dilaksanakan di kantor Desa Tanah Merah dan kantor Desa Sambungan Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data melalui penelitian kepustakaan, penelitian lapangan berupa observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Dengan narasumber adalah Kepala Desa, pegawai kantor desa, dan masyarakat yang ditentukan dalam teknik purposive sampling. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Kepala Desa sudah melaksanakan perannya sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Tanah Merah dan Desa Sambungan Kecamatan Tana Lia Kabaupaten Tana Tidung dan dari hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa dalam memfasilitasi pelaksanaan pembangunan telah dilakukan dengan baik, yaitu secara fisik maupun non fisik. Kepala desa sebagai mediator melakukan pembinaan kepada masyarakatnya secara kekeluargaan. Perannya sebagai motivator dalam pelaksanaan pembangunan dengan bertindak bijaksana sebagai kepala desa yang menjadi figur dalam pelaksanaan pembangunan yang ada adalah hal yang paling penting dalam desa karena kepala desa merupakan pimpinan yang bertanggung jawab di desa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M. Si, Dr. A. Margono, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

Loading

Print Friendly, PDF & Email