IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 13 TAHUN 2002 TENTANG LARANGAN PEREDARAN MINUMAN BERALKOHOL DI KABUPATEN MALINAU (STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENGAWASAN PEREDARAN MINUMAN BERALKOHOL DI KECAMATAN MALINAU UTARA) (Julbriser)

April 22, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 22, 2015 @ 12:36 PM
IP: 202.67.38.21

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 13 TAHUN 2002 TENTANG LARANGAN PEREDARAN MINUMAN BERALKOHOL DI KABUPATEN MALINAU (STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENGAWASAN PEREDARAN MINUMAN BERALKOHOL DI KECAMATAN MALINAU UTARA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Julbriser
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengawasan peredaran dan penjualan minuman beralkohol, ketentuan pidana, Kecamta
  • 4. Description [Abstrak] : Julbriser, Penelitian ini berjudul Studi Tentang Pelaksanaan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol Di Kecamtan Malinau Utara, Sesuai Dengan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2002 Tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol Di Kabupaten Malinau, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, M.Si.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol Di Kecamtan Malinau Utara, Sesuai Dengan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2002 Tentang Larangan Peredaran Minuman Beralkohol Di Kabupaten Malinau, dengan fokus penelitian, yaitu sosialisasi, pengawasan peredaran dan penjualan minuman beralkohol, dan ketentuan pidana.

    Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi atau penelitian kepustakakaan (library research), penelitian lapangan yaitu dengan melakukan observasi, dokumen, quisioner yang telah penulis angketkan kepada responden, dan pedoman wawancara, serta mengunakan metode wawancara (interview). Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu analisis data model interaktif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

    Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran secara umum tentang pelaksanaan sosialisasi, pengawasan peredaran dan penjualan minuman beralkohol, dan ketentuan pidana berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2002, masih kurang optimal, diketahui masih banyak peredaran minuman beralkohol di Kecamtan Malinau Utara pada umumnya di Kabupaten Malinau. Halini dikarenakan kurangnya penyampaian sosialisasi secara luas yang diberikan kepada masyarakat belum dapat memberikan pemahaman secara menyeluruh mengenai pentingnya penerapan Peraturan Daerah tersebut, dalam pengawasan kurangnya anggota dari Satpol PP dan kapasitas dari Satpol PP Kabupaten Malinau masih tergolong tipe B, dalamhal ini menjadi penghambat dalam Pelaksanaan Peraturan Daerah tesebut.

    Perlunya kerja sama antara aparatur pemerintah dan peran serta masyarakat mengenai pentingnya penerapan Peraturan Daerah dalam mendukung terciptanya ketentraman, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat Malinau serta demi upaya mewujudkan visi Kabupaten Malinau aman nyaman dan damai

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1.Prof.Dr.Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si. 2. Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email