EFEK TAYANGAN GANTENG-GANTENG SERIGALA DALAM MEMPENGARUHI GAYA BERBICARA REMAJA DI KOTA SAMARINDA (Studi Pada SMK Negeri 3 Samarinda) (Maria Tandi Boro)

March 25, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 25, 2015 @ 3:28 PM
IP: 36.83.42.191

  • 1. Title [Judul]: EFEK TAYANGAN GANTENG-GANTENG SERIGALA DALAM MEMPENGARUHI GAYA BERBICARA REMAJA DI KOTA SAMARINDA (Studi Pada SMK Negeri 3 Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maria Tandi Boro
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efek Tayangan, Ganteng-Ganteng Serigala, Gaya Berbicara Remaja
  • 4. Description [Abstrak] : Maria Tandi Boro, 2015, Efek Tayangan Ganteng-Ganteng Serigala Dalam Mempengaruhi Gaya Berbicara Remaja di Kota Samarinda (Studi Pada SMK Negeri 3 Samarinda), dibawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si dan Bapak Sabiruddin, S.Sos.I.M.A. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efek tayangan Ganteng-Ganteng Serigala dalam mempengaruhi gaya berbicara remaja di SMK Negeri 3 Samarinda. Fokus dalam penelitian ini meliputi efek pesan media massa antara lain efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau melukiskan secara sistematis sifat-sifat serta hubungan yang diselidiki. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara kepada remaja yang memenuhi kriteria-kriteria tujuan penelitian untuk mengetahui efek tayangan Ganteng-Ganteng Serigala dalam mempengaruhi gaya berbicara mereka, serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku dan internet. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014 sampai Februari 2015. Hasil penelitian diperoleh gambaran yaitu beberapa remaja terkena efek kognitif, afektif, dan behavioral yang berkaitan dengan bahasa dari tayangan Ganteng-Ganteng Serigala. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa tayangan Ganteng-Ganteng Serigala telah memberikan efek hingga mempengaruhi gaya berbicara remaja dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya tayangan ini, mengingatkan kita untuk lebih mencintai dan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia Ejaan Yang Disempurnakan dalam kehidupan sehari-hari dan bukan hanya mengikuti tren yang ada karena saat ini banyak bahasa yang bermunculan seperti bahasa alay yang dapat membuat penontonnya mulai melupakan Bahasa Indonesia yang benar. Dapat dijadikan pelajaran dan pengalaman hidup serta kepada penonton untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya ketika menonton hal-hal yang memberikan informasi yang baik bagi diri mereka.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si & Sabiruddin, S.Sos.I.M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email