PERAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BLSM (BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT) DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (MASITA)

March 4, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 4, 2015 @ 8:55 PM
IP: 180.248.66.13

  • 1. Title [Judul]: PERAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BLSM (BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT) DI DESA SUMBERSARI KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: MASITA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Kepala Desa, PT Pos Indonesia, Kartu Perlindungan Sosial, Bantuan Langsung
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berjudul “Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat di Desa Sumbersari Kecamatan Sebulu Kabupatren Kutai Kartanegara”, di bawah bimbingan Imam Surya, S.Sos, M.Si sebagai Pembimbing I dan Anwar Alaydrus, S.Sos, M.Si sebagai Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), dan untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam mendampingi PT. Pos Indonesia dalam pendistribusian (KPS), bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia dalam menghitung jumlah (KPS) yang tidak terkirim atau dikembalikan, membentuk posko pengaduan (KPS), melakukan musyawarah desa, dan mepalaporkan data pembagian/pengembalian KPS kepada petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Desa Sumbersari Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Kesra Desa, Kepala Dusun di Desa Sumbersari. Untuk memperoleh data digunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada informant dan kepada key informan. Analisis data yang digunakan dengan metode dan model interaktif.
    Dalam penelitian yang diperoleh secara umum adalah peran Kepala Desa dalam pelaksanaan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dapat dikatakan sudah cukup baik, meskipun tidak semua tugas yang ada dilakukan karena terbatas waktu dan minimnya informasi, tetapi responsivitas dari masyarakat sudah cukup baik dengan warga yang tidak protes mengenai pembagian Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan warganya yang menerima keputusan yang ada. Adapun peran yang terlaksana yaitu mendampingi dan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan melaporkan data pembagian/pengembalian Kartu Perlindungan Sosial (KPS) kepada petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan peran yang tidak terlaksana yaitu membentuk osko pengaduan masyarakat dan melaksanakan musyawarah desa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, S.Sos., M.Si & Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email