STUDI TENTANG TUPOKSI DINAS PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS GURU SDN DI KABUPATEN KUTAI BARAT (Evolonia Dypuri Dew)

March 4, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 4, 2015 @ 2:25 PM
IP: 180.248.66.13

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG TUPOKSI DINAS PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS GURU SDN DI KABUPATEN KUTAI BARAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Evolonia Dypuri Dew
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peningkatan Kualitas Guru SDN
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas guru di Kabupaten Kutai Barat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh hasil penelitian degan cara diidentifikasi masalah yang perlu pemecahan untuk menentukan kebijakan di masa depan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tupoksi Dinas Pendidikan dalam peningkatan kualitas guru SDN di Kabupaten Kutai Barat yakni Dinas Pendidikan melakukan program-program kegiatan untuk meningkatkan kualitas tersebut yaitu melalui peningkatan kualifikasi dan peningkatan kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas guru SDN di Kabupaten Kutai Barat masih rendah terlihat dari kualifikasi dan kompetensi yang masih rendah. Guru layak mengajar sebanyak 483 orang dengan persentase 22,86 sedangkan guru tidak layak mengajar sebanyak 1629 orang dengan persentase 77,13 tingginya angka guru tidaklayak mengajar disebabkan kualifikasi akademik yang rendah karena tidak memenuhi kriteria UU No. 14 Tahun 2005. Dari segi kompetensi, Dinas Pendidikan melakukan uji kompetensi, diklat sertifikasi, dan pelatihan,namun pada diklat sertifikasi guru-guru yang berstatus sudah lulus sertifikasi sangat rendah dari pada yang belum bersertifikasi yakni yang bersertifikasi sebanyak 524 orang dengan persentase 24,81 orang dan yang belum bersertifikasi sebanyak 1539 orang dengan persentase 72,86, hal ini dikarenakan banyak faktor-faktor yang menyebabkan guru tidak lulus sertfikasi. Secara keseluruhan Dinas Pendidikan telah berupaya dengan baik untuk meningkatkan kualitas guru tersebut, walupun terdapat banyak hambatan pada proses pelaksanaan program-program tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si & Dr. Iman Surya, S. Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Atikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email