PEMAKNAAN UKIRAN BLONTAKNG KAUM BANGSAWANDALAM UPACARA ADAT KWANGKEY (STUDI DESKRIPTIF) (Katarina Lydia Ega)

March 2, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2015 @ 8:03 PM
IP: 36.75.93.47

  • 1. Title [Judul]: PEMAKNAAN UKIRAN BLONTAKNG KAUM BANGSAWANDALAM UPACARA ADAT KWANGKEY (STUDI DESKRIPTIF)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Katarina Lydia Ega
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Blontakng, Kwangkey, Komunikasi, Deskriptif
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna dibalik tanda-tanda dalam ukiran Blontakng yang hanya mencakup unsur-unsur visual dalam upacara Kwangkey dan mengidentifikasi makna ukiran Blontakng secara ilmiah suku dayak Benuaq. Mengetahui makna simbolik ukiran Blontakng sebagai komponen utama dalam upacara adat Kwangkey. Mengapa makna simbolik blontakng masih digunakan, berperan sebagai apa Blontakng dalam upacara adat Kwangkey. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis dan menginterpretasi data berupa tanda-tanda dalam Blontakng
    Hasil penelitian ini adalah Blontakng Kwangkey yang merupakan perlengkapan prosesi upacara adat kematian memiliki bahasa komunikasi disetiap ukirannya. Dalam lingkup sosial Blontakng Kwangkey menjadi media komunikasi bagi masyarakat sekitar bahwa ada acara yang akan di laksanakan, ukiran yang terkandung didalam Blontakng juga memberikan pemaknaan tentang sejarah riwayat hidup seseorang dan ukiran dalam Blontakng memberikan informasi tentang perbedaan kasta seseorang melalui objek ukirannya. Blontakng juga merupakan warisan budaya yang selalu ada dalam upacara adat masyarakat Benuaq dan memiliki sejarah dalam setiap ukirannya sehingga tidak dapat di tinggalkan.
    Blontakng Kwangkey adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus di lestarikan. Diharapkan masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia dapat mengenal budaya Indonesia salah satunya adalah mengenal dan memahami Blontakng Kwangkey yang ternyata banyak masyarakat yang belum mengerti tentang arti ukiran yang terkandung didalamnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si & Dra. LisbetSitumorang, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email