PERANAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEREMPUAN BIDANG PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENGATASI KEKERASAN TERHADAP ANAK DI KOTA SAMARINDA (Dwi Rizki Muliandari)

March 2, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2015 @ 6:30 PM
IP: 36.75.93.47

  • 1. Title [Judul]: PERANAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEREMPUAN BIDANG PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENGATASI KEKERASAN TERHADAP ANAK DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dwi Rizki Muliandari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: peranan, BPMP, perlindungan anak, kekerasan terhadap anak.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peranan badan pemberdayaan masyarakat dan perempuan dalam mengatasi kekerasan terhadap anak di Kota Samarinda.
    Sumber data diperoleh dengan menggunakan dua teknik yaitu, teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang variabel yang diteliti. Analisis data model interaktif dari Miles dan Hubermen, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyerderhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan yang dijalankan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dalam mengatasi kekerasan terhadap anak di Kota Samarinda yang dapat dilihat dari peranan BPMP sebagai fasilitator dengan menyediakan rumah aman dan memberikan pelayanan pendampingan dari kepolisian dan kerohanian bagi para korban kekerasan, peranan BPMP sebagai motivator dengan memberikan konseling dan pelatihan serta keterampilan seperti menjahit, salon, tataboga dan mengaji yang diberikan oleh relawan, peranan BPMP sebagai mediator melalui pemanggilan kedua belah pihak yang nantinya akan menghasilkan sebuah keputusan, peranan BPMP sebagai advokator dengan memberikan jasa bantuan hukum mulai dari pelaporan sampai dengan proses persidangan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Melati Dama, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 02 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email